Yuk Lihat Beragam Seni Menghias Kopi Susu

Coffee Latte adalah Kopi Susu dalam bahasa Italia. Karena memang pembuatannya itu adalah campuran kopi dengan susu panas yang menjadikan foam di atas kopi. Di Italia campuran kopi dan susu yaitu tiga banding satu. Namun berbeda dengan Negeri Paman Sam, Latte terdiri dari sepertiga kopi dan dua pertiga susu panas.

Minuman ini ditemukan pertama kali di Itali pada tahun 1950-an oleh Lino Meiorin, pemilik sebuah cafe dan barista pertama dari Italia. Pengunjung cafenya ternyata tidak terlalu suka dengan rasa cappuccino yang terlalu tajam, lalu minta ditambahkanlah susu panas agar rasanya lebih soft.

Latte Art adalah cara menyiapkan kopi dengan menuangkan susu panas ke secangkir espresso dan menciptakan pola atau desain di permukaan latte. Selain itu bisa pula dengan langung “menggambar” di lapisan atas busa. Latte art sulit dibuat secara konsisten, karena dibutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan susu.

Seorang barista asal kafe Sambalatte, di Las Vegas bernama Mason Salisbury membuat kreasi latte art berbahan pewarna makanan. Hasilnya, kopi buatannya jadi cantik banget dan bikin kita sayang untuk meminumnya.

Mason dan pacarnya mendapatkan ide untuk membuat latte art berwarna karena stok espresso terus menipis dan boros untuk melatih barista lain di kafenya. Latte art berwarna tidak membutuhkan espresso karena hanya dibuat dari susu yang di-steam dan foam yang diberi pewarna makanan.

Yuk kita intip lebih banyak lagi kreasi cantik dan menggemaskan dari latte art ini :

.

.

1.. Hewan Lucu (Klik Untuk Baca Selanjutnya…)

.

.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh