Wow Kasihan Banget! Remaja Putri Ini Bersin 12 Ribu Kali Sehari

Pengobatan Sindrom Tourette

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan sindrom Tourette. Penanganan terhadap sindrom ini ditujukan untuk mengendalikan gejala yang mengganggu kehidupan sehari-hari penderita.

Tindakan perawatan sindrom Tourette sebaiknya dilakukan bersamaan dengan pengobatan kondisi lain yang muncul bersama sindrom ini. Hal ini dilakukan agar dapat mempercepat perkembangan kondisi anak menjadi lebih baik. Beberapa prosedur penanganan sindrom Tourette, antara lain:

Terapi wicara/penanganan psikologis

Beberapa terapi psikologis dapat membantu meredakan gejala dan permasalahan yang dipicu oleh sindrom ini, seperti mengendalikan tic saat di sekolah dan menyalurkannya kembali di rumah. Beberapa terapi yang mungkin dilakukan adalah CBT (cognitive behavioural therapy), latihan pembalikan kebiasaan, dan terapi pencegahan eksposur dan respons.

Edukasi dan dukungan.

Membekali informasi mengenai sindrom Tourette dapat membantu meningkatkan hasil dari perawatan yang dilakukan. Orang tua dan anak juga disarankan untuk mencari tahu dan bergabung dengan kelompok konsultasi agar dapat saling berbagi informasi dan pengalaman dengan sesama penderita sindrom Tourette lainnya. Edukasi juga sebaiknya dilebarkan kepada lingkungan yang sering berinteraksi dengan anak agar turut mendukung terciptanya lingkungan yang positif bagi perkembangan anak, misalnya guru di sekolah. Beberapa anak mungkin membutuhkan terapi pendekatan berbeda dalam berinteraksi atau berkembang, misalnya lewat menari atau seni drama.

Obat-obatan.

Selain clonazepam-a benzodiazepine, obat-obatan golongan antipsikotik umumnya digunakan untuk mengurangi terjadinya tic pada kasus sindrom Tourette yang lebih parah. Pengobatan ini bertujuan agar anak dapat melakukan aktivitas harian dengan baik sekaligus meminimalkan efek samping dari obat-obatan yang digunakan. Obat-obatan yang digunakan, antara lain aripiprazole, haloperidol, sulpiride, dan risperidone.

Bedah

Prosedur ini menggunakan elektroda yang ditanam ke dalam otak untuk merangsang reaksi otak dalam. Prosedur bedah pada penderita Tourette hanya direkomendasikan bagi penderita sindrom yang parah dan pada keadaan setelah terapi lain sudah tidak membuahkan hasil. Prosedur ini masih dilakukan secara terbatas sehingga tingkat keamanan dan hasilnya masih perlu dikaji lebih lanjut.

Di luar kontroversi yang ada mengenai prosedur penanganan sindrom Tourette, kondisi anak-anak dengan sindrom ini cenderung membaik seiring berjalannya waktu. Pada beberapa kasus, gejala yang muncul dapat berkurang atau menghilang ketika anak makin dewasa. Namun pada sebagian kasus lainnya, gejala dapat terus ada hingga anak beranjak dewasa.

Sindrom Tourette tidak mengurangi kepintaran atau jangka waktu hidup penderitanya. Gejala sindrom Tourette dapat membaik seiring bertambahnya usia, namun dapat juga bertambah parah sehingga membutuhkan perawatan lanjutan.

Dukungan bagi penderita sindrom dapat membantu meredakan gejala yang mereka alami yang mana dapat terpicu oleh serangan kecemasan, depresi, serangan panik yang berasal dari lingkungan di sekitar mereka. Inilah sebabnya edukasi, terapi, dan dukungan kelompok memegang peranan penting bagi perkembangan kondisi penderita sindrom Tourette.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh