Wortel – Sayuran Sehat Penuh Manfaat

Pertama kali ditanam di mana pegunungan Himalaya dan Hindu Kush bertemu, wortel ungu dan varian warna kuningnya dibudidayakan pada awal abad 10 hingga 11 sebelum mencapai Mediterania, dan kemudian Barat pada sekitar tahun 1600. Mulai dari tumis sayur sampai kue wortel, sayuran manis ini dapat dimasukkan ke dalam berbagai jenis masakan berkat rasanya yang khas dan manfaat kesehatannya. Kita sebaiknya meniru Bugs Bunny dan mulai mengonsumsi sayuran anti kanker ini yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh Anda!

Menyehatkan mata

Dikenal berkat konsentrasinya yang tinggi akan beta karoten, yang nantinya diubah jadi vitamin A dalam hati, wortel dapat memberikan mata Anda dorongan lebih. Memakan wortel secara rutin dapat membantu menghindari katarak, degenerasi makular, dan kebutaan malam, di mana mata kesulitan melihat dalam cahaya remang-remang.

Menghambat infeksi

Wortel juga dapat membantu Anda melawan penyakit, dengan vitamin A, B6, C, dan E, yang semuanya memainkan peranan penting dalam respon imun. Sayuran akar berwarna cerah ini juga diketahui dapat membantu menghindari infeksi. Setelah diparut, direbus, dan dihancurkan, wortel dapat dijadikan obat gosok pada luka untuk menjaganya bebas infeksi.

Mencegah stroke

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Harvard, orang yang mengonsumsi lebih dari 6 wortel setiap minggu lebih tidak mungkin terkena stroke, dibandingkan dengan orang yang hanya memakan 1 wortel atau kurang dalam sebulan.

Membantu mencegah diabetes

Jus yang diperas dari wortel dapat menstabilkan gula darah, serta kaya silikon dan potassium. Beta karoten juga bersifat antioksidan; jika zat ini ada dalam darah, level insulin terbukti akan menurun sebanyak 32% dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki level beta karoten yang lebih rendah.

Membangun tulang

Sejumlah kecil vitamin C dan kalsium juga ada dalam sayuran super bergizi ini. Jumlahnya tidak sebanyak sayuran dan buah-buahan lain yang telah kami bahas, tapi masih tetap berguna bagi Anda, terutama bagi Anda yang baru saja menopause dan kemungkinan kekurangan kalsium.

Kulit bagus dalam dan luar

Masker wajah dari wortel dapat membuat kulit Anda terlihat jauh lebih halus, kencang, dan lembut. Akan tetapi, berhati-hatilah sebab terlalu banyak wortel malah akan membuat wajah Anda berwarna jingga!

Membersihkan tubuh

Wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, tapi kandungan vitamin A nya yang tinggi dapat membantu hati membersihkan tubuh dari racun. Vitamin A juga membersihkan darah dan hati Anda. Satu cara untuk meningkatkan tonik pembersih ini yaitu dengan mencampur jus wortel dengan jus blueberry dan air kelapa.

Melawan hilangnya ingatan

Sebuah studi yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih sedikit sayuran akar seperti wortel menunjukkan 3 kali lebih cepat dalam penurunan kognitif, dibandingkan dengan mereka yang makan banyak sayuran akar. Sekali lagi, beta karoten telah menunjukkan kehebatannya dengan melindungi sistem saraf pusat dari penuaan. Studi lain yang dilakukan oleh Harvard selama 18 tahun membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi 50 mg beta karoten mempunyai 1 hingga 1 ½ tahun penundaan dalam penurunan kognitif dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi placebo.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh