Waktu Mandi Terbaik – Pagi atau Malam?

Apakah ada waktu tertentu yang baik untuk mandi? Beberapa orang lebih suka mandi pada malam hari untuk membersihkan kotoran dan keringat yang terkumpul sepanjang hari, sehingga bisa tidur dengan tubuh bersih. Sementara itu, orang lain tidak bisa membayangkan tidak mandi sebelum menjalani hari-hari mereka. Akan tetapi, apakah mandi pada malam atau pagi hari memiliki manfaatnya?

Ternyata, mandi di malam hari memiliki manfaat meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tertidur lebih mudah. Kuncinya terletak pada timing; mandi 1,5-2 jam sebelum tidur akan menghangatkan tubuh sehingga membuat suhu tubuh berubah drastis. Hal ini akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Faktanya, mandi malam hari sangat bermanfaat di tempat beriklim hangat (atau saat musim kemarau). Pada cuaca panas, sulit membuat suhu badan turun drastis supaya bisa tidur nyenyak. Di sinilah mandi malam hari dapat membantu. Suhu tubuh yang berubah drastis menyebabkan tubuh memperlambat detak jantung, pernapasan, dan pencernaan – menuntun tubuh ke ritme yang sempurna untuk tidur optimal.

Walaupun begitu, jangan menunggu terlalu lama untuk mandi sebelum tidur, atau Anda akan terjaga sepanjang malam. Jika Anda mandi terlalu dekat dengan jam tidur, hal ini akan meningkatkan panas tubuh. Oleh karena itu, tubuh tidak akan sempat menurunkan suhu badan. Hal ini akan membuat Anda lebih waspada, dan tidak bisa tidur.

Sementara untuk mandi di pagi hari; tidak ada manfaat ilmiah mengenai ini, meskipun para ahli mengatakan mandi pagi bisa jadi berguna untuk beberapa orang. Mandi pagi hari sebagai bagian dari rutinitas pagi bisa bermanfaat untuk zeitbeger – yang pada dasarnya merupakan tanda ekternal yang memberitahu jam otak bahwa sudah waktunya memulai hari.

Akan tetapi, mandi pagi juga harus diperhatikan detailnya. Mandi dapat menyegarkan Anda, selama airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika suhunya terlalu hangat, Anda malah bisa mengantuk. Jika Anda mandi dengan air panas di pagi hari, kami menyarankan untuk menyelesaikannya dengan air dingin. Berganti-ganti antara air panas dengan dingin dapat membangunkan sistem Anda, meningkatkan peredaran darah, serta mendukung sistem imun.

Pada akhirnya, jika tujuan Anda mandi hanyalah untuk membersihkan diri, tidak masalah jam berapa Anda mandi. Manfaat mandi lainnya bagi tidur atau kewaspadaan Anda hanyalah keuntungan ekstra dari rutinitas harian ini.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh