Tips Mengatasi Ketombe

Entah kenapa kulit kepala kita kelihatannya tidak pernah diperhatikan sampai pada saatnya terjadi sesuatu yang salah. Seperti contohnya ketombe – yang disebabkan oleh pertumbuhan ragi yang berlebih – dan rasa gatal serta serpihan yang dikaitkan dengannya. Segera setelah gejala ini muncul, cuma ketombe saja yang kita pikirkan. Faktanya, menurut sebuah survei akhir-akhir ini oleh British Skin Foundation, sepertiga orang-orang menghindari interaksi sosial akibat ketombe yang berlebih.

Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat agar Anda merasa lebih percaya diri dalam situasi apapun.

Cuci rambut lebih lama

Jika kulit kepala Anda berserpih, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah cuci rambut lebih sering untuk menyingkirkan sel kulit mati. Pada kasus yang ringan, carilah formula yang dimaksudkan untuk mempertahankan kulit kepala yang seimbang sambil tetap membuat rambut bersih. Untuk yang lebih parah, Anda membutuhkan shampoo yang mengandung seng lebih banyak.

Selain mengobati ketombe, Anda juga harus mencegah terjadinya ketombe. Penyebab ketombe berbeda-beda untuk setiap orang, tapi gaya rambut yang tidak dicuci secara rutin, seperti ekstensi rambut, kepangan, rambut gimbal, atau wig – khususnya tanpa membersihkan kulit kepala – dapat mengakibatkan ketombe.

Lakukan yoga atau pilates

Ketombe juga merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh stress. Menurut American Academy of Dermatology, pikiran yang negatif dapat memperburuk kondisi kulit, termasuk yang muncul pada kulit kepala.

Olahraga, yang telah terbukti dapat meredakan stress, juga dapat menjaga Anda tetap tenang. Yoga dan pilates pasti akan memberikan efek dramatis pada mood Anda – dan juga ketombe Anda.

Ubah pola makan Anda

Memakan makanan yang seimbang tidak hanya akan menguruskan pinggang Anda; hal ini juga berguna untuk menjaga kepala dan rambut Anda tetap sehat. Kurangilah lemak jahat dalam pola makan, seperti coklat dan produk susu, sebab dapat mengakibatkan lebih banyak minyak diproduksi sehingga memperparah ketombe. Makanlah lebih banyak makanan mengandung vitamin B, serta makanan yang memiliki minyak sehat, seperti sayuran hijau, protein, dan biji-bijian.

Pikirkan lingkungan Anda

Meskipun ketombe bisa jadi karena kulit kepala kering, iklim lembab juga dapat menjadi penyebab kepala Anda ketombean. Panas dan kelembaban dapat menyebabkan keringat dan produksi minyak, sehingga rambut pun perlu lebih sering dicuci. Sebaliknya, iklim yang lebih kering dapat mengakibatkan dehidrasi, jadi menggunakan masker kulit kepala seperti masker minyak zaitun dapat menyelesaikan masalah kulit kepala kering.

Pijat kulit kepala

Anda mungkin sudah tahu kalau memijat tubuh sangat baik untuk Anda; kulit kepala Anda juga dapat bermanfaat dari pijatan. Oleskan minyak alami seperti minyak kelapa, almond, atau jojoba langsung pada kulit kepala dan pijatkan dengan lembut. Pijatan lembut akan membantu menghancurkan serpihan ketombe serta menenangkan kulit kepala. Cukup pastikan tidak menggaruk atau mengusap kepala terlalu keras.

Tes darah Anda

Pada beberapa kasus, ketombe bisa jadi adalah tanda-tanda isu yang tersembunyi, seperti kekurangan vitamin atau masalah dengan sistem imun. Serpihan ketombe juga kemungkinan berhubungan dengan psoriasis kulit kepala. Jika kondisi Anda tidak membaik atau malah semakin parah, kunjungi seorang ahli dermatologi untuk mendapatkan diagnosis yang jelas. Mengecek darah ke dokter dapat membantu Anda mencari tahu apa penyebab ketombe Anda.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh