Sumber Kafein Terbaik

Penyemangat olahraga. Peningkat energi. Penyelamat hidup. Berjuta-juta orang bergantung pada kafein untuk menjalani kehidupan modern yang ruwet ini. Akan tetapi, minuman berkafein bisa jadi kawan terbaik dan juga musuh terburuk Anda, tergantung pada seberapa banyak yang Anda minum. Soda dan minuman energi, misalnya, dipenuhi dengan kalori dan zat kimia yang tidak sehat. Minuman seperti ini tentunya tidak disarankan sebagai sumber kafein bagi Anda.

Tapi tak perlu cemas bagi Anda penggemar kafein: masih ada cara untuk mendapat energi dan kewaspadaan yang Anda inginkan tanpa mengonsumsi produk-produk yang tak sehat. Inilah beberapa sumber kafein terbaik yang dapat Anda konsumsi tanpa mengkhawatirkan efek negatif.

Teh hijau

Banyak sekali jenis teh hijau di luar sana. Kebanyakan dari mereka memiliki kandungan kafein yang rendah, sekitar 25 mg setiap cangkir. Kafein sebanyak itu sudah cukup untuk menghilangkan kantuk, tapi tidak cukup untuk membuat Anda terjaga sepanjang malam. Banyak sekali manfaat teh hijau selain hanya sebagai penyedia kafein. Flavonoid di dalamnya dapat meningkatkan imunitas, membantu menurunkan berat badan, serta antioksidannya bahkan memiliki efek anti penuaan untuk menjauhkan radikal bebas.

Espresso

Secangkir espresso yang halus, kuat dan aromatik adalah cara yang bagus jika Anda memerlukan kafein secepatnya. Rendah kalori dan penuh manfaat antioksidan, siapa sih yang tidak suka?

Es teh tawar

Jangan minum teh manis terlalu banyak. Teh manis yang biasanya dijual di rumah makan dan supermarket seringkali mengandung gula yang bahkan lebih banyak daripada soda. Jika ingin minum teh, pilihlah es teh yang tidak ditambah gula. Segelas es teh mengandung sekitar 47 mg kafein. Tambahkan sedikit lemon untuk tambahan rasa.

Matcha

Kalau Anda belum pernah merasakan matcha, coba sekarang! Matcha merupakan sejenis teh hijau Jepang yang digiling batu, sehingga berbeda daripada teh hijau lainnya. Matcha tidak perlu diseduh lagi karena sudah digiling menjadi bubuk hijau yang sangat halus. Teh ini memiliki rasa umami dan terkadang manis, berkat kandungan asam aminonya yang tinggi. Kandungan L-theanine yang tinggi dalam matcha memberikan efek menenangkan dan kafein 25 mg per sajian nya akan menjaga Anda tetap berenergi. Hasilnya adalah rasa tenang yang jelas sehingga Anda bisa bekerja tanpa gangguan. Selain itu, vitamin C, antioksidan, magnesium, serta seng di dalam matcha juga sangat bagus untuk Anda.

Coklat hitam

Tidak hanya berguna sebagai makanan penutup lezat, coklat juga mengandung sedikit kafein, lho. Kafein dalam coklat terkenal dapat mengurangi kolesterol, membantu menurunkan berat badan, dan membantu fungsi otak. Untuk mendapatkan kafein dua kali lipat, Anda bisa mencoba lelehkan sebongkah coklat hitam ke dalam kopi Anda.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh