Sehat Selalu Dengan Terung

Sayuran berwarna ungu yang sering disalahpahami ini sebelumnya sempat dikira tidak memiliki nilai gizi, lho. Tapi penelitian telah menunjukkan terus-menerus bahwa persepsi ini sangatlah jauh dari kenyataannya. Banyak sekali cara Anda bisa menikmati terung, baik dipanggang maupun dibakar. Dijamin semuanya pasti enak dan bernutrisi. Akan tetapi, untuk mendapatkan nutrisi sebanyak mungkin, terung tidak boleh dimakan mentah. Untuk memahami terung lebih lanjut, berikut ini kami berikan manfaat kesehatan memakan terung.

Menyehatkan jantung

Penuh dengan serat, vitamin B1, B3, B6, C, K, dan fitonutrien, terung merupakan penyelamat kardiovaskular. Mengonsumsi tanaman yang mengandung flavonoid secara rutin sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung, yang masih merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Melawan kanker

Polifenol yang terdapat dalam sayuran ini, seperti delphinidin, melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas, mencegah tumbuhnya tumor, serta menghentikan penyebaran sel kanker. Komponen lain seperti antosianin dan asam klorogenik juga memiliki efek antioksidan dan anti peradangan yang kuat pada tubuh. Asam klorogenik dapat menimbulkan munculnya enzim pembersih dalam sel, yang mendorong kematian sel kanker dan dapat menjauhkan penyakit akibat virus lainnya.

Darah yang lebih baik

Dengan kandungan vitamin K serta flavonoidnya yang banyak, memakan terung secara rutin dapat mencegah penggumpalan darah serta menguatkan pembuluh darah.

Pencernaan yang dinamis

Mengandung sedikit sekali lemak atau kolesterol, sayuran berserat dan mengenyangkan ini merupakan bantuan besar untuk mempertahankan kesehatan sistem pencernaan. Serat membuat tubuh dapat dengan mudah memroses makanan dan mendukung penyerapan nutrisi dengan cara menghasilkan cairan lambung dalam perut.

Mengurangi anemia

Orang-orang yang menderita kekurangan zat besi kemungkinan dapat melawan beberapa gejalanya yang mengganggu dengan cara memasukkan terung dalam pola makan mereka. Daging dari tanaman berwarna ungu ini mengandung banyak sekali mineral, seperti besi dan tembaga, yang membantu meningkatkan kesehatan sel darah merah dalam aliran darah Anda. Memakan makanan yang memiliki komponen ini dapat meningkatkan energi dan kekuatan secara signifikan, serta menghilangkan perasaan lelah atau cemas.

Kehamilan yang lancar

Asam folat sangat penting jika Anda sedang hamil, karena zat ini melindungi bayi dari kelainan pada tabung saraf. Folat merupakan nutrisi penting bagi setiap orang, tapi harus secara khusus ditingkatkan saat Anda hamil sebab Anda juga perlu melindungi perkembangan otak mereka juga.

Tulang lebih sehat

Tanaman hebat ini menghasilkan tembaga dan vitamin K yang banyak sekali, bersama dengan fenol, yang juga membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan kepadatan mineral, kekuatan, serta kesehatan tulang secara keseluruhan. Hal ini karena tembaga mempertahankan formasi kolagen pada jaringan dan tulang yang saling berkaitan. Mitos bahwa tanaman-tanaman sekeluarga terung, tomat, kentang, dan cabai menyebabkan osteoporosis sama sekali tidaklah benar! Asam oksalat yang terdapat dalam makanan ini memang menghambat penyerapan kalsium, tapi hanya jika dikonsumsi dalam jumlah besar setiap hari. Jangan khawatir; Anda dapat menangkal ini dengan memasangkannya dengan makanan lain yang kaya kalsium seperti keju.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh