Probiotik – Bakteri Pencegah Kanker

Tidak semua bakteri merugikan. Ada pula yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bakteri probiotik. Apa itu bakteri probiotik dan bagaimana peranannya bagi tubuh, Dr. Ir. Ingrid S. Waspodo, M.Sc., dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Teknologi Indonesia, menuturkannya.

Saluran pencernaan manusia didiami oleh lebih dari 100 jenis mikroba yang jumlahnya mencapai 100 triliun organisme. Ada yang menguntungkan, dan tidak sedikit yang merugikan kesehatan, seperti Clostridium, Staphylococcus, Shigiella, E. coli, dan Salmonella. Mereka mengurai protein menjadi senyawa amonia dan amin yang bersifat racun.

Dalam organ hati, senyawa beracun seperti amonia akan diubah menjadi urea dan dibuang bersama air seni. Tapi, apabila melebihi kemampuan hati untuk menetralkannya, maka kehadiran mikroba yang tidak diinginkan tersebut justru mendorong proses penuaan organ hati dan jaringan tubuh lainnya.

Berbeda dengan bakteri laktat, Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, dan bakteri bifidus. Mereka akan mengurai gula, dan menghasilkan sejumlah besar asam laktat. Bakteri-bakteri itu dikenal sebagai bakteri yang berguna bagi manusia, karena dapat menjaga keharmonisan proporsi antara mikroba yang diinginkan dan yang tidak diinginkan dalam usus.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh