Pro dan Kontra Humidifier

Humidifier tentu saja sangat bermanfaat jika udara dalam rumah Anda kering, tapi kelembaban tersebut datang dengan harganya. Anda harus membayar biaya operasi humidifier – humidifier dengan kabut hangat lebih mahal daripada yang dingin, karena Anda juga harus membayar saat airnya dihangatkan. Akan tetapi Anda juga bisa jadi membayar dalam artian lain jika Anda tidak merawat humidifier Anda dan membiarkan bakteri dan jamur bertumbuh di dalamnya, atau mengabaikan masalah potensial lainnya yang dapat muncul dari menggunakan humidifier.

Meredakan gejala-gejala akibat udara kering

Gejala-gejala akibat udara kering yang dapat diredakan oleh humidifier di antaranya adalah sinus kering, mimisan, dan bibir pecah-pecah. Tingkat kelembaban yang meningkat juga dapat meredakan gejala flu, alergi, dan asma, meskipun Anda harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan humidifier jika Anda menderita alergi atau asma.

Harus diisi ulang secara rutin

Humidifier membutuhkan perawatan secara rutin agar dapat bekerja secara efektif. Ini termasuk sering-sering mengisi ulang. Memang kelihatannya sepele, tapi jika Anda kesulitan menyuruh anggota keluarga Anda mencuci piring kotor atau membereskan yang sudah bersih, maka kemungkinan besar Anda juga akan kesulitan dengan masalah ini.

Masa hidup lebih lama untuk perabotan

Mempertahankan tingkat kelembaban yang benar di dalam rumah Anda juga dapat meningkatkan daya tahan perabotan di dalamnya, termasuk yang dari kayu dan wallpaper Anda, yang pastinya akan rusak jika lingkungan di sekitarnya terlalu kering.

Kondensasi

Jika humidifier Anda diatur salah atau dibiarkan hidup terlalu lama, tingkat kelembaban di rumah Anda malah akan jadi terlalu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kondensasi, yang memicu pertumbuhan bakteri, tungau debu, dan jamur. Mikroorganisme ini kemudian dapat memicu reaksi alergi dan masalah asma.

Mikroorganisme

Bakteri dan jamur bisa jadi berkembang di permukaan lembab pada humidifier Anda dan pada tangki airnya. Setelah jumlah bakteri dan jamur bertambah, humidifier menyebarkannya ke udara. Untuk menghindarinya, rawat humidifier Anda sesuai dengan manual yang diberikan setiap hari atau setidaknya seminggu sekali.

Risiko terbakar

Humidifier kabut hangat harus mendidihkan airnya, dan kemudian menyebarkan uapnya ke udara. Kulit Anda bisa melepuh oleh uapnya, dan jika humidifiernya jatuh, dapat berisiko menyebabkan luka bakar, khususnya pada anak kecil.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh