Perawatan untuk Kulit Kering

Kita semua pingin punya kulit sehat dan lembab, tapi sayangnya kulit seringkali menjadi kering, berkerak, dan kasar. Mengapa bisa begitu?  Lapisan terluar kulit Anda terdiri dari sel kulit sehat yang ditumpuk dengan minyak dan zat-zat lain yang menjaga kulit tetap lembab. Saat zat-zat tersebut hilang, sel kulit akan hancur, sehingga kulit menjadi kering.

Rasa gatal adalah gejala nomor satu kulit kering. Kulit yang kering cenderung berserpih, merah-merah dan terasa gatal. Kulit Anda juga kemungkinan terlihat kusam atau abu-abu (jika Anda berkulit gelap), yang nantinya akan menjadi bersisik atau pecah-pecah. Paling parahnya, kulit dapat menebal dan menjadi keras.

Apa penyebab kulit kering?

Kulit sering seringnya terjadi ketika kulit kehilangan air atau minyak, khususnya saat cuaca panas atau kelembaban udara sangat rendah. Kulit Anda adalah pelindung utama dari lingkungan luar serta mencegah air menguap keluar. Saat kelembaban udara rendah, kebanyakan air menghilang dari permukaan kulit sehingga menjadi kering.

Mengubah kulit kering menjadi sehat kembali

Langkah utama yang dapat Anda lakukan hanyalah terus lembabkan kulit Anda. Oleskan pelembab pada tubuh dan wajah setidaknya sekali sehari, saat kulit masih basah setelah mandi. Bahan yang harus ada dalam pelembab Anda yaitu asam laktat, gliserin, petrolatum, dan asam hyaluronik. Anda juga boleh mengoleskan jeli petroleum pada bagian yang paling kering.

Jika pelembab super tidak cukup untuk kulit Anda, dokter mungkin akan meresepkan balsem yang mengandung keramid, atau protein untuk membantu membangun kembali pelindung kulit. Produk-produk ini khususnya sangat bermanfaat bagi penderita eczema dan penyakit kulit parah lainnya.

Pilihan ekstrim lainnya adalah krim pelindung. Krim ini menembus sedikit lebih dalam daripada pelembab biasa. Siapapun yang rentan kulit kering akibat paparan terus-menerus terhadap deterjen, sabun, air, dan iritan lainnya akan menemukan bahwa krim ini sangat bermanfaat bagi mereka.

Untuk orang-orang yang menderita keratosis pilaris, yaitu suatu penyakit kulit yang menyebabkan munculnya bintik-bintik merah yang membuat kulit gatal dan kasar seperti kertas pasir, krim pelembab dengan urea atau asam laktat akan membantu meredakan rasa gatalnya, meskipun tidak akan membuat kulit halus kembali.

Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi kulit kering:

  • Mandi air hangat (bukan panas) dalam waktu singkat.
  • Menggunakan sabun yang melembabkan.
  • Letakkan humidifier di rumah untuk menambahkan kelembaban di udara.

Meskipun belum diteliti, beberapa dokter percaya bahwa lemak tak jenuh rangkap, yang ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon dan makerel serta kacang kedelai dan minyak safflower, dapat menjaga kulit tetap sehat.

Dengan perawatan yang benar dan lembut – serta pelembab berkualitas bagus – Anda pasti dapat mengembalikan kilauan sehat pada kulit Anda.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh