Pentingnya Mengonsumsi Rumput Laut

Alga ini sangat berguna bagi kita untuk membungkus sushi agar tidak hancur. Akan tetapi, tentunya manfaat rumput laut menjangkau lebih luas daripada sekadar hanya menjaga struktur sushi. Rumput laut dipenuhi begitu banyak nutrisi berharga yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, cukup 8 gram rumput laut saja sudah menyediakan lebih banyak kalsium daripada segelas susu. Penasaran? Yuk, baca apa saja manfaat kesehatan rumput laut di bawah ini.

Meningkatkan kerja otak

Rumput laut merah yang dapat dimakan bernama Gracilariopsis chorda, juga dikenal sebagai GCE, mengandung asam arakidonat dalam jumlah tinggi. Asam ini dapat meningkatkan pemulihan dan pertumbuhan jaringan otot di tengkorak. Asam arakidonat juga digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang berkaitan dengan otak.

Melawan osteoporosis

Beberapa studi telah menemukan bahwa jika Anda memasukkan rumput laut dan makanan kaya kalsium lainnya ke dalam pola makan Anda secara rutin, risiko Anda terkena osteoporosis akan jauh lebih rendah.

Anti virus

Makroalga laut seperti rumput laut mengandung banyak sekali komponen yang dapat melawan tumor, virus, dan kanker. Komponen ini, seperti phlorotannin, memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Mereka bahkan dapat mengurangi risiko penyakit tertentu.

Anti diabetes

Rumput laut mengandung banyak polifenol. Polifeno, bersama komponen-komponen lainnya, bertanggung jawab menyerap gula dengan cara menstabilkan kadar gula darah. Hal ini mengurangi level glikogen dalam hati.

Mengobati obesitas

Alginat yang terdapat dalam rumput laut membantu rumput laut menciptakan lingkungan yang lebih sehat di dalam saluran pencernaan, dan khususnya meningkatkan kondisi pankreas. Rumput laut juga membantu meningkatkan jumlah enzim yang memroses dan memecah lemak.

Sifat melawan kanker

Apakah Anda tahu bahwa mengonsumsi rumput laut dapat membantu melawan agen penyebab kanker sampai ke tingkat selular? Enzim antioksidan kuat dalam tumbuhan ini terbukti dapat meningkatkan jumlah radikal dalam tubuh, yang menargetkan sel kanker payudara secara spesifik.

Kaya nutrisi

Rumput laut mengandung banyak sekali vitamin A, C, E, dan B12. Kalsium dan besi juga terdapat dalam makanan super ini, bersama setumpuk serat mudah larut seperti alginat dan agar. Hanya 8 gram dari rumput laut saja sudah mengandung cukup serat untuk memenuhi seperdelapan dari kebutuhan harian Anda, sebanding dengan yang dimiliki pisang. Rumput laut juga memiliki 34 kali jumlah potassium yang dimiliki pisang, jadi berhati-hatilah jika Anda menderita masalah ginjal.

Melawan infeksi

Antioksidan dan enzim yang terdapat dalam rumput laut membantu mencuci bersih racun yang menyebabkan infeksi saluran kencing serta berbagai jenis peradangan lainnya. Komponen-komponen dalam rumput laut juga membantu melawan gondok yang berpotensi mengarah ke masalah-masalah dengan kelenjar tiroid. Terdapat beberapa jenis rumput laut yang cukup kuat untuk memperbaiki masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan hingga masalah serius seperti tumor.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh