Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Sering merasa terganggu dengan bibir kering Anda? Apakah Anda tahu bahwa bibir pecah-pecah bisa menurunkan penampilan Anda? Telah banyak orang yang terkena masalah ini, dan inilah jawaban dari beberapa pertanyaan tentang bibir kering yang sudah sering diajukan.

Apa penyebab bibir kering?

Jika Anda kurang minum air, bibir bisa jadi kering dalam waktu singkat. Kandungan air dalam tubuh dapat menurun jika terlalu sedikit air yang masuk ke dalam dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya, bibir jadi kering dan akhirnya rapuh dan pecah-pecah. Penyebab lainnya adalah kekurangan vitamin dan mineral. Penyakit menular juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, cuaca juga dapat berpengaruh. Hari yang panas membuat tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan jika tidak diganti, kulit akan mengering dengan cepat.

Bisakah krim dan stik pelembab bibir melindungi bibir?

Terdapat tak terhitung banyaknya produk kosmetik yang melindungi bibir dari mengering di luar sana, tapi sayangnya kebanyakan hanya memberikan solusi jangka pendek. Selain itu, tubuh juga kemungkinan alergi pada produk-produk tertentu dan menyebabkan bibir kering, terbakar, dan pecah-pecah.

Bisakah bibir kering disembuhkan dengan asam hyaluronic?

Asam hyaluronic dapat membuat bibir menjadi lembut dan kenyal lagi, serta mempercepat pemulihan bibir yang pecah. Asam hyaluronic meningkatkan struktur bibir dan menstimulasi regenerasi bibir yang kering sehingga memberi Anda bibir yang lembut alami. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan pelembab, carilah yang mengandung zat ini.

Cara mengatasi bibir kering

Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi bibir kering:

  • Minum banyak air serta tetap terhidrasi. Air adalah cara terbaik untuk menjaga bibir dan kulit tetap halus.
  • Oleskan jeli petroleum atau lip balm untuk melembabkan kulit.
  • Jika Anda oleskan mentega atau margarin, bibir akan jadi berminyak dan berkilau, tapi Anda juga dapat mengurangi rasa sakit karena retakan pada bibir.
  • Gunakan krim susu untuk menyingkirkan sel mati dari bibir, sehingga membuatnya semakin halus.
  • Gel lidah buaya sangat efektif untuk masalah kulit apapun. Cukup oleskan pada bibir untuk melawan kekeringan dan retakan.
  • Karena kekurangan vitamin adalah salah satu penyebab bibir kering, perkuat diet harian Anda dengan makanan yang mengandung dosis tinggi vitamin, khususnya vitamin A, B, dan C.
  • Untuk melembutkan bibir, tak ada yang lebih baik daripada gliserin. Cukup tambahkan beberapa tetes madu pada gliserin dan oleskan sebelum tidur.
  • Irisan mentimun juga berguna dalam hal ini. Gosokkan pada bibir yang kering dan pecah-pecah.
  • Ambil kelopak mawar dan campurkan dengan gliserin. Oleskan pasta ini pada bibir untuk menjaga agar warna dan kelembaban tetap seimbang.

Begitulah cara-cara Anda dapat menjaga bibir agar tidak kering dan pecah-pecah. Jadi, metode manakah yang akan Anda gunakan?

Please disable your adblock for read our content.
Refresh