Masjid Terbesar Ke-3 Dunia ternyata ada di Benua Afrika

Di atas menara, dicapai setelah naik 37 lantai, Teluk Algiers dapat dilihat dengan jelas dan beberapa mungkin mengatakan pemandangan memusingkan, melihat ke bawah ke perairan pirus Mediterania dan kapal-kapal penuh dengan barang yang menunggu giliran untuk berlabuh di pelabuhan.

Jika kita lihat pada sisi bangunan utama Masjid Djamaa El Djazair memiliki sebuah kubah induk yang sangat besar. Kubah tersebut memang seperti kubah-kubah pada umumnya, namun ukurannya sangat luar biasa besar.

Pada ruangan utama untuk ibadah, masjid ini akan diterangi oleh cahaya siang hari melalui sistem reflektor yang dipasang di antara bagian dalam dan luar kubah. Sementara itu, sistem drainase air hujan juga terintegrasi untuk mengumpulkan air hujan dalam tangki besar. Air tersebut akan digunakan untuk kebun yang menghiasi masjid.

Namun jika sudah selesai secara total nanti, Masjid Djamaa El Djazair akan dilengkapi dengan perpustakaan yang mengoleksi satu juta buku. Masjid ini juga bakal mampu menampung hingga 120.000 jamaah di ruang sholat seluas 20.000 meter persegi. Bangunan masjid ini juga diklaim bakal bertahan hingga 500 tahun. Luas lahan seluruhnya adalah 20 hektar.

Djamaa El Djazair juga akan dilengkapi dengan ruang konferensi, sebuah museum untuk seni dan sejarah Islam, pusat penelitian tentang sejarah Aljazair, Pusat Kajian Alquran dengan kapasitas 300 orang murid, bangunan komersial, restoran, perpustakaan, sebuah amfiteater, sebuah plaza, sebuah parkir bawah tanah dengan kapasitas 7.000 mobil, dan bangunan lain yang didedikasikan untuk keamanan dan pemeliharaan gedung dan penghuninya.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh