Masjid Terbesar Ke-3 Dunia ternyata ada di Benua Afrika

Sebuah Masjid Super Megah tengah dalam proses pembangunan di wilayah Aljazair, Afrika Utara. Meski belum selesai, masjid ini sudah menjadi sorotan dunia lantaran digadang-gadang bakal menjadi masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjid Agung Mekkah dan Al-Masjid an-Nabawi dari Madinah di Arab Saudi.

Diberi nama Djamaa El Djazair, masjid ini bakal menampilkan menara tertinggi di Afrika. Menara tersebut akan berdiri setinggi 265 meter. Hingga kini, pembangunan sebagian besar masjid telah rampung. Pembangunan dimulai bulan agustus 2012 dan diperkirakan akan selesai akhir tahun 2019. Total biaya diperkirakan mencapai 20 Triliun Rupiah.

Menariknya, masjid ini dibangun atas hasil kerjasama pemerintah setempat dengan China. Yup, proyek ini dibangun oleh dua anak perusahaan China State Construction Engineering Corporation dan merupakan proyek terbesar yang digarap oleh China di Afrika sampai saat ini.

Sekitar 2.300 pekerja, insinyur, dan manajer konstruksi bekerja keras untuk menyelesaikan proyek tepat waktu meskipun banyak kendala di konstruksi rumitnya, dan krisis keuangan yang melanda Aljazair dalam beberapa tahun terakhir.

“Pada akhir tahun ini, Anda akan melihat dari luar bahwa semua pekerjaan akan terlaksana,” kata manajer proyek Wang Liangxue, menambahkan bahwa “Demi memenuhi tenggat waktu, para pekerja telah diminta untuk bekerja dengan lebih maksimal lagi”.

“Mereka bekerja shift 24 jam, dan hanya cuaca buruk yang bisa mencegah mereka bekerja di luar,” katanya.

.

.

>>> Klik Baca Selanjutnya <<<

.

.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh