Manfaat Makan Tiram

Tak peduli Anda suka tiram atau tidak, tiram merupakan pokok dari masakan di seluruh dunia. Beberapa orang bergidik kalau harus memakan tiram mentah yang berlendir. Lainnya tidak suka dengan rasanya yang asin dan payau. Meskipun begitu, Anda harus tahu manfaat kesehatan yang tersembunyi di balik cangkang tiram yang kasar ini.

Meningkatkan imun

Moluska ini mengandng vitamin E dan C yang banyak sekali. Mereka juga mengandung berbagai jenis mineral lain yang dapat membantu sistem imun kita. Sifat anti peradangan dan antioksidan tiram juga melindungi terhadap radikal bebas, yang dilepaskan saat metabolisme selular.

Bagus untuk mata

Tiram merupakan sumber terbesar alami seng, yaitu mineral yang memastikan pigmen mata diproduksi secukupnya dalam retina. Semakin banyak seng, semakin baik pula penglihatan Anda, sebab pigmentasi yang menurun seringkali dikaitkan dengan pengurangan bidang penglihatan visual sentral.

Meningkatkan fungsi otak

Tiram merupakan sumber kaya dari B12, asam lemak omega 3, seng, serta besi, yang semuanya bermanfaat bagi fungsi otak. Studi telah menunjukkan bahwa zat besi yang rendah pada otak mengurangi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi sementara defisiensi seng dapat memengaruhi daya ingat.

Kesehatan tulang

Keberadaan selenium, tembaga, besi, seng, fosfor, dan kalsium yang ditemukan dalam moluska dapat mengarah pada kepadatan serta kesehatan tulang yang lebih baik. Selain itu, menurut sebuah artikel di The Independent, para ahli biologi Prancis telah mempelajari cara tiram memproduksi mutiara, dan yakin bahwa proses ini dapat direplikasi untuk membuat obat dan pengobatan pencegahan untuk osteoporosis, artritis, dan masalah kulit tertentu.

Bagus untuk kulit

Mineral seng yang kuat juga memainkan peranan penting dalam memperbaiki kulit dengan cara membantu memproduksi dan meningkatkan kolagen. Kolagen sangat penting sebagai penyokong struktural pada kulit serta mencegah kerutan. Kolagen juga membantu mempertahankan kuku yang kuat, dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Menaikkan energi

Tiram mengandung jumlah vitamin B12 yang banyak, yang dapat menaikkan energi serta mengubah makanan yang kita makan menjadi energi. Selain itu, tiram juga mengandung zat besi, yang membantu tubuh mengangkut oksigen ke sel-sel individual dan memberikan energi tambahan.

Kesehatan seksual

Seng yang ditemukan dalam tiram lah yang menjadi penyebab tiram dianggap sebagai afrodisiak sejak dulu. Seng membantu tubuh memproduksi testosteron, yaitu hormon yang penting untuk meregulasi libido serta fungsi seksual pada pria maupun wanita. Pada pria, penelitian menyatakan bahwa mineral ini meningkatkan jumlah sperma serta kemampuan berenangnya. Pada wanita, seng dapat membantu ovarium sehingga dapat menyeimbangkan dan meregulasi kombinasi estrogen, progesteron, serta testosteron.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tiram berpengaruh positif terhadap jantung sebab dapat mengurangi jumlah endapan pada arteri dengan cara menghalanginya menempel pada dinding arteri serta pembuluh darah. Terlebih lagi, kandungan magnesium dan potassium yang tinggi dalam tiram membantu menurunkan tekanan darah rendah dan merilekskan pembuluh darah. Vitamin E dalam tiram juga meningkatkan fleksibilitas serta kekuatan membran selular.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh