Manfaat Kesehatan Okra

Berasal dari Ethiopia, okra merupakan sayuran subtropis yang berwarna hijau terang. Okra memiliki rasa khas yang menghidupkan sejumlah masakan mulai dari gumbo sampai kari okra India. Setiap polong berukuran sekitar 3 hingga 10 inci, serta memiliki rasa manis dan tekstur khas tergantung pada bagaimana Anda memasaknya. Biji di dalam okra terkadang  ditumbuk, digongseng, dan digunakan sebagai pengganti kopi bebas kafein.

Okra tidak hanya enak, tapi juga bagus untuk tubuh dan pikiran Anda, lho! Bacalah terus untuk mengetahui apa saja manfaat kesehatan okra yang luar biasa.

Menstabilkan gula darah

Sama seperti buah kiwi, okra khususnya sangat bermanfaat bagi mereka yang kesulitan menangani level glukosa dalam darah. Sebuah studi telah membuktikan efek okra pada diabetes mellitus dan juga dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol serta lipid dalam darah.

Antioksidan

Biji-biji dalam okra membawa jumlah paling banyak antioksidan serta memiliki efek anti kelelahan, jadi jangan disingkirkan, ya! Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa biji-biji ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah asam laktat dan urea nitrogen dalam darah yang berbahaya. Siapa yang tahu bahwa okra memiliki efek antioksidan yang sedemikian kuat?

Penuh serat

Sayuran unik ini sangat kaya akan serat, serta dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Studi menyatakan bahwa “konsumsi sayuran tinggi serat dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular dan kemungkinan juga kanker kolon.”

Meningkatkan kinerja otak

Telah ada penelitian menjanjikan yang mengaitkan hubungan antara memakan okra dengan risiko penyakit Alzheimer serta penyakit neurodegeneratif lainnya. Jika Anda mengonsumsi sayuran ini secara rutin, hal ini akan membalikkan kerusakan yang kemungkinan disebabkan oleh stres oksidatif dalam otak Anda.

Asam folat

Setiap setengah cangkir dari okra yang dimasak menyediakan 37 mikrogram folat, yang membantu memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Asam folat, atau juga dikenal sebagai vitamin B9, sangat penting untuk dimasukkan dalam nutrisi harian Anda, sebab dapat membuat tubuh Anda memproduksi sel baru serta juga dapat mencegah kerusakan berbahaya pada DNA yang dapat mengarah pada kanker. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa asam folat membantu mengurangi risiko kelainan kelahiran pada ibu hamil, dan biasanya dimasukkan dalam vitamin prenatal.

Obesitas

Kegunaan lain dari polisakarida yang ditemukan dalam sayuran ini yaitu untuk membantu meregulasi kelainan metabolisme serta obesitas yang disebabkan oleh pola makan yang tinggi lemak. Kandungan dalam okra ini dapat mencapai hal tersebut dengan cara membantu mempertahankan level glukosa dalam darah, berat badan, meningkatkan toleransi glukosa, serta mengurangi kolesterol jahat secara keseluruhan.

Comments (No)

Leave a Reply

Please disable your adblock for read our content.
Refresh