Manfaat Kesehatan Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis tidak cukup mendapatkan rasa hormat yang berhak didapatkannya dalam hierarki makanan. Buah sitrus ini biasanya hanyalah sebagai tambahan akhir, paling baik hanya sebagai bumbu dan paling buruk cuma sebagai hiasan ornamen. Tapi, kita di sini untuk menyelamatkan lemon dan jeruk nipis dari hierarki nutrisi. Jus, kulit, dan daging buah kecil ini mengandung cukup banyak nutrisi yang penting bagi pola makan kita.

Inilah manfaat kesehatan dari lemon dan jeruk nipis.

Meningkatkan Sistem Imun

Dua buah sitrus ini penuh dengan vitamin C, yaitu peningkat imunitas yang kuat. Anda perlu mengonsumsi vitamin C dalam pola makan Anda, karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Vitamin C membantu sistem imun dengan menyerang asam nukleat dari sel virus dan juga menghancurkan bakteri. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa vitamin C membantu mengurangi durasi flu.

Rona Kulit Lebih Baik

Lemon, jeruk nipis, dan jeruk semuanya mengandung kolagen, yaitu nutrisi penting untuk mendapat kulit yang terlihat muda dan bebas keriput. Kolagen menunda proses penuaan dan mengencangkan kulit. Vitamin C yang terdapat dalam buah sitrus secara alami juga mencerahkan kulit jika dikonsumsi secara rutin. Hanya saja hati-hati ketika dioleskan ke kulit karena dapat menyebabkan kulit jadi pucat secara permanen dan menimbulkan bintik-bintik gelap saat terpapar sinar matahari.

Menurunkan Risiko Stroke dan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi menemukan bahwa suatu bahan dalam buah sitrus yang disebut auraptene menurunkan tekanan darah tinggi pada tikus yang dikembangbiakkan dengan hipertensi. Lemon telah lama dijadikan sebagai obat, berkat kemampuannya menjaga pembuluh darah tetap lembut dan lentur, sehingga menurunkan tekanan darah.

Membantu Melawan Kanker

Kulit lemon mengandung dosis tinggi komponen terpene yang disebut d-limonene. Di studi lab pada hewan, d-limonene memiliki efek positif sel kanker. Baru-baru ini, dalam studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona pada satu kelompok yang terdiri dari 43 wanita penderita kanker payudara yang dapat disingkirkan dengan operasi, mereka yang diberi 2 gram limonene setiap hari menunjukkan pengurangan 22% pada ekspresi penanda tumor. Studi lain mengaitkan kulit lemon dengan risiko sel kanker kulit yang menurun.

Meningkatkan Absorpsi Zat Besi

Mineral besi sangat penting sebab zat besi membawa oksigen ke sel-sel serta memproduksi energi untuk fungsi sel biasa. Baik asam sitrat maupun vitamin C yang ditemukan dalam lemon dan jeruk nipis dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme, yaitu zat besi yang terdapat dalam makanan nabati. Jadi, peraslah sedikit jus lemon di atas salad, bayam, atau sayuran panggang Anda!

Please disable your adblock for read our content.
Refresh