Manfaat Kesehatan Kunyit

Sains baru saja mengetahui manfaat obat dari rempah tradisional ini dalam beberapa tahun terakhir, tetapi kunyit telah digunakan dalam obat tradisional India selama beratus-ratus, kalau bukan beribu-ribu tahun lho. Tidak hanya menambahkan warna ke masakan, rempah ini juga penuh dengan berbagai manfaat kesehatan! Inilah beberapa di antaranya.

Mengurangi peradangan

Kunyit berpengaruh langsung pada peradangan tulang dan otot dalam jantung. Kunyit telah banyak digunakan dalam studi-studi pada penderita osteoporosis dan artritis, serta telah terbukti dapat mengurangi peradangan pada berbagai area di dalam tubuh. Bagian aktif dalam kunyit, yang disebut ‘kurkumin’ merupakan obat alami paling efektif yang diketahui dapat memengaruhi kesehatan tulang.

Mengatasi jerawat

Campurkan bubuk kunyit, tepung, dan madu untuk mendapatkan obat yang berkhasiat menenangkan dan mengurangi jerawat. Campuran ini bekerja dengan cara mengurangi iritasi, menyerap minyak berlebih, serta menenangkan lapisan dermal kulit. Banyak masker alami dibuat dengan kunyit untuk mengurangi kulit merah-merah, mengobati berbagai komplikasi jerawat, dan kurkumin dalam kunyit bahkan telah dibuktikan dapat menyembuhkan psoriasis. Jika Anda menderita kondisi kulit ini, Anda harus mencoba masker wajah alami ini!

Meningkatkan kesehatan mulut

Kunyit tidak hanya bagus untuk kulit,tapi juga mengurangi peradangan pada mulut, mengontrol karang gigi, membantu menyembuhkan gingivitis, serta kesehatan gusi. Kunyit digunakan sebagai obat yang aman dan efektif untuk memutihkan gigi saat dipakai bersama dengan minyak kelapa. Bagus untuk orang-orang dengan gigi sensitif atau enamel kurang yang tidak bisa menjalani prosedur pemutihan gigi komersial yang keras.

Kemungkinan dapat mengurangi risiko dan memperlambat perkembangan Alzheimer

Sebuah studi yang dilakukan di India menunjukkan bahwa populasi mereka memiliki tingkat Alzheimer yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan negara. Para peneliti menyimpulkan bahwa hal ini karena kunyit banyak dicampurkan dalam bumbu masakan India dan merupakan alasan utama berkurangnya penyakit ini. Kunyit meningkatkan lapisan pelindung dalam otak dan mencegah degenerasi kognitif, yang muncul pada tahap awal Alzheimer.

Mendetoks hati

Berdasarkan pada suatu studi baru dalam Jurnal Asosiasi Medis Thailand, kunyit telah ditunjukkan dapat memperbaiki sel hati yang rusak. Para ilmuwan yang melakukan eksperimen menemukan bahwa hati-hati pada tikus diabetes diperbaii serta bahkan beregenerasi dengan bantuan akar berwarna kuning ini.

Mengurangi komplikasi kelainan pencernaan

Dengan mengurangi peradangan pada dinding saluran pencernaan, kunyit sangat ampuh untuk mengurangi gejala-gejala seperti pencernaan yang buruk, gas, serta kembung. Peradangan dalam saluran pencernaan dapat diperburuk oleh berbagai jenis makanan, jadi kunyit dapat membantu menangkal efek negatif dari asam.

Demikianlah berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami rempah ajaib ini. Terima kasih telah membaca!

Please disable your adblock for read our content.
Refresh