Manfaat Kesehatan dari Selada

Selada sering dijadikan salad rendah kalori berkat kemampuannya untuk menurunkan berat badan. Sayuran ini merupakan sumber bagus akan vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi lainnya dengan kandungan kalori yang sangat rendah. Selain fakta bahwa selada rendah kalori, memakan selada secara rutin dapat membawa banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selada memiliki berbagai jenis, mulai dari selada romaine, selada berdaun merah, selada iceberg, dan sebagainya. Akan tetapi, meskipun begitu, pada akhirnya selada-selada ini memiliki manfaat kesehatan yang sama. Bacalah untuk mengetahui lebih lanjut.

Menurunkan berat badan

Selada dipadati oleh serat, yang merupakan bahan umum yang membantu pencernaan dan stabilisasi kalori. Inilah mengapa buah-buahan sering ditemukan dalam salad, sebab mereka sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Selain jumlah seratnya yang tinggi, selada juga kaya selulosa sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini akan menurunkan nafsu makan Anda, yang kemudian membuat Anda makan lebih sedikit, dan berat badan pun menurun. Kandungan kalori dalam selada yang rendah juga mencegah terbentuknya lemak yang tak diinginkan.

Merawat kesehatan jantung

Selada adalah sumbernya vitamin C dan beta karoten, yang bekerja sama melawan oksidasi kolesterol. Seperti yang sudah disebutkan di atas, selada sedikit sekali kandungan kalorinya dan kalori menyebabkan oksidasi pada kolesterol. Oksidasi kolesterol meningkatkan produksi LDL atau kolesterol jahat yang menyebabkan gula darah meningkat dan juga melemahkan dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang lemah akan menaikkan peluang terjadinya penggumpalan darah yang dapat menuju ke serangan jantung atau penyakit lainnya. Selain itu, selada juga memiliki asam lemak omega 3 yang membantu meregulasi lemak dalam tubuh.

Mengatasi inѕоmnіа

Jika Anda kesulitan untuk tidur cukup dan nyaman, sebaiknya Anda masukkan selada dalam pola makan Anda. Sayur ini memiliki lасtuсаrіum yang memiliki efek lebih kuat daripada opium. Zat ini bisa membantu tubuh agar rileks dan lebih mudah tertidur.

Menyegarkan kulit

Vitamin A yang terdapat dalam selada jumlahnya sangat besar hingga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dalam sehari. Vitamin ini dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan sel yang sehat. Oleh karena itu, sayuran ini bisa memperbaiki dan menyegarkan kulit sampai ke tingkat sel. Selain itu, selada juga punya vitamin E yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet sehingga kulit tidak akan rusak akibat paparan sinar matahari. Memakan selada setiap hari akan membuat kulit Anda terlihat cerah, awet muda, dan tanpa cela.

Mempercantik rambut

Jika tubuh mendapat semua nutrisi yang dibutuhkannya, hal ini akan dapat terlihat dari luar. Oleh sebab itu, mengonsumsi selada akan memberikan Anda kulit dan rambut yang sehat. Selada mengandung berbagai nutrisi yang membantu pertumbuhan serta kesehatan rambut. Sayur ini memiliki silikon, fosfor, dan sulfur yang bisa melawan kerusakan rambut seperti rambut rontok dan lain sebagainya.

Meningkatkan laju metabolisme

20% dari selada merupakan protein, yang memainkan peranan penting dalam tubuh khususnya metabolisme. Laju metabolisme yang meningkat berarti pencernaan yang lebih baik, buang air teratur, dan menurunnya berat badan. Berat badan sangatlah penting bagi kesehatan secara keseluruhan sebab tubuh yang terlalu berat bisa menyebabkan obesitas dan penyakit-penyakit lainnya yang lebih b

erbahaya, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Tulang yang lebih kuat

Sayur ini merupakan sumber bagus akan vitamin K yang membantu perbaikan dan perawatan sel kulit. Vitamin ini menjaga tulang Anda tetap kuat dan sehat, khususnya jika Anda sering melakukan olahraga dan aktivitas fisik intens lainnya.

Mengembangkan sistem imun

Selada kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat dan efektif yang membantu tubuh melawan sakit umum dan infeksi seperti batuk, flu, dan semacamnya. Konsumsi selada tidak hanya meningkatkan sistem imun agar Anda tidak mudah sakit, tapi juga memberikan sistem Anda kemampuan untuk menyingkirka zat racun dengan sendirinya.

Menstabilkan kesehatan mata

Zеаsаntіn adalah karotenoid yang meningkatkan kesehatan mata serta melindunginya dari kerusakan, ARMD, kebutaan akibat usia tua, dan semacamnya. Jika Anda ingin penglihatan bagus dan mata yang sehat, konsumsi selada secara rutin.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh