Manfaat Kesehatan Buah Durian

Durian adalah makanan khas Asia Tenggara yang berbau tajam dan ditutupi duri. Buah ini juga sering disebut rajanya buah, berkat atributnya yang unik. Tidak hanya eksotis dan kaya rasa, durian juga sangat sehat loh! Berikut ini manfaat kesehatan memakan buah durian.

Penekan nafsu makan yang hebat

Hanya satu sajian buah durian saja sudah mengandung sekitar 20% dari kalori harian Anda! Buah padat kalori ini mengandung cukup lemak untuk menjaga perut tetap kenyang dan mata pencinta cemilan Anda dari berkeliaran ke sana-sini. Hanya satu cangkir buah durian mengandung 13 gram lemak! Tapi Anda tidak perlu khawatir, lemak dalam buah durian adalah jenis yang bagus. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa konsumsi lemak baik dapat “menekan konsumsi makanan nantinya saat masih ada makanan dalam usus halus baik manusia maupun hewan.”

Meningkatkan imunitas

Sistem imun (dari kata Latin immunis, yang artinya “bebas” atau “tak tersentuh”), melindungi tubuh seperti seorang bodyguard terhadap pengaruh berbahaya dari lingkungan, sehingga membuatnya penting untuk memastikan kelangsungan hidup. Durian sangat baik bagi sistem imun sebab mengandung vitamin C yang banyak. Cukup satu sajian dari buah tropis ini saja sudah menyediakan Anda dengan lebih dari setengah jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan. Vitamin C sangat ampuh melawan penyakit – seperti flu biasa, menstimulasi pemulihan luka, dan meningkatkan peredaran darah.

Meredakan anemia

Anemia adalah kondisi medis umum yang memengaruhi 1,62 miliar orang di seluruh dunia. Kondisi medis ini ditandai dengan defisiensi sel darah merah – yang terus-menerus menyebabkan kelelahan dan rasa tidak enak. Salah satu penyebab umum dari anemia adalah kurangnya asam folat. Folat – atau asam folat, sangat penting bagi produksi sel darah merah. Durian dapat mengatasi defisiensi ini berkat kandungan folat nya yang tinggi.

Meningkatkan energi

Dengan kira-kira 66 gram karbohidrat per sajian, buah eksentrik ini bisa jadi sangat membantu bagi atlet, penggemar olahraga, atau siapapun yang menginginkan energiekstra. Meskipun kandungan tinggi karbohidratnya awalnya mengkhawatirkan – tak perlu cemas. Durian mengandung karbohidrat kompleks, yang akan dirombak dan dicerna sepanjang hari – tidak seperti gula sederhana. Karena ini, durian memiliki indeks glisemik yang rendah (44-54), sehingga membuatnya peningkat energi ramah diabetes.

Meregulasi siklus tidur

Buah durian mengandung asam amino alami yang membuat tidur, yaitu triptofan. Triptofan – juga dikenal sebagai obat tidur alami, penting untuk merangsang tidur sebab dapat memetabolisme hormon tidur, seperti serotonin dan melatonin. Studi menunjukkan bahwa konsumsi triptofan yang meningkat dapat menurunkan waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Ini membuat buah durian obat yang cocok untuk insomnia ringan atau susah tidur.

Comments (No)

Leave a Reply

Please disable your adblock for read our content.
Refresh