Manfaat Collagen untuk Kesehatan Kulit Anda

Apa yang  penyebab utama terjadinya kulit keriput, kusut dan kaku serta nyeri sendi?. Hal-hal tersebut adalah tanda bahwa kadar kolagen di tubuh anda mungkin dalam krisis kekurangan jumlahnya dan memerlukan tambahan agar bisa kembali ke kadar normal.

Sayangnya kadar kolagen mulai berkurang ketika kita berada di pertengahan usia 20-an. Dan akan menjadi semakin berkurang ketika kita tumbuh menjadi dewasa. Menurut perkiraan, kadar kolagen menurun drastis menjadi seperempat jumlahnya ketika manusia memasuki usia 80 tahun dibandingkan dengan kadar normalnya di usia muda 20-an

Tetapi apakah itu kolagen, manfaatnya dan cara untuk menjaga kadarnya agar kita bisa tetap sehat sesuai dengan usia?

Apa itu kolagen dan peran pentingnya?

Kolagen merupakan sebuah protein. Walaupun kolagen merupakan protein dengan jumlah yang banyak di tubuh, namun harus bekerjasama dengan komponen lain di tubuh untuk membuat jaringan sel ikat yang terkoneksi sempurna.

Anda akan terkesima jika mempelajari bahwa kolagen membentuk hingga 30 % dari semua protein dalam tubuh dan membentuk 70 % dari protein di kulit anda.

Sistem musculoskeletal disusun oleh rangka, otot, tulang rawan, tendon, ligamen, sendi dan jaringan penghubung yang mendukung dan mengikat jaringan dan organ lain agar tetap menyatu. Kolagen membantu untuk membangun infrastruktur dari sistem musculoskeletal, yang memungkinkan tubuh anda mempunyai bentuk, didukung, stabil dan dapat bergerak.

Kolagen juga membuat proses kohesi, elastisitas dan regenerasi kulit anda, yang akan membuat anda tampak awet muda dari usia sebenarnya. Dengan kata lain, menjaga kadar kolagen tubuh adalah kunci utama untuk mendapatkan kulit berseri, bebas jerawat dan menekan efek dari penuaan kulit dan polusi.

Jaringan dermis, lapisan dari kulit yang membangun pondasi kulit, adalah bagian yang bertanggungjawab akan elastisitas dan fleksibilitas kulit dan juga membantu meredam tubuh anda dari tekanan dan ketegangan. Tidaklah mengherankan jika kolagen merupakan komponen utama dari dermis. Kehabisan atau tidak memiliki jumlah kolagen yang cukup di dalam tubuh akan memicu keriput dan gangguan kulit lainnya.

Ligamen adalah jenis jaringan penghubung yang menghubungkan 2 buah tulang agar tetap melekat satu sama lain. Sedangkan tendon adalah jaringan penghubung yang menjaga otot dan tulang tetap terhubung. Semuanya yaitu tulang, ligamen, tendon dan otot dibentuk oleh protein. Sekali lagi, protein utama yang menyusunnya adalah kolagen.

Sumber Kolagen

Kaldu Tulang

Sangat disarankan agar dapat mengkonsumsi kaldu tulang untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh anda. Ketika banyak sumber makanan yang yang menyediakan sumber antioksidan dan nutrisi lainnya untuk membantu tubuh mensintesis kolagen, kaldu tulang merupakan makanan utama yang menyediakan kandungan biologis dari struktur kolagen yang memungkinkan tubuh anda bisa langsung menggunakannya.

Ikan Salmon Liar

Ikan salmon liar mengandung zinc, minieral yang telah diteliti berfungsi untuk mengaktifkan protein yang diperlukan untuk sintesa kolagen.

Ikan salmon liar merupakan sumber terbaik untuk asam lemak omega 3 penting, yang diperlukan untuk mengurangi radang dan menyehatkan sel-sel kulit. Lemak sehat seperti omega 3 juga diperlukan untuk menjaga agar kulit anda tetap lembab dari dalam maupun luar, yang akan membantu anda tampil awet muda.

Tubuh kita tidak mampu menghasilkan asam lemak omega 3, jadi kita harus memperolehnya dari makanan. Jika anda tidak suka dengan rasa ikan salmon, boleh diganti dengan sumber lain yaitu ikan makarel dan tuna, telur organik dan daging ternak pemakan rumput. pure collagen

Sayuran Hijau

Kita tahu bahwa sayuran kaya sumber nutrisi, sumber makanan utama untuk penduduk dunia, yang juga sumber yang baik untuk kolagen.

Semua sayuran hijau seperti bok choy, alga hijau, arugula, kale, selada, kacang hijau dan brokoli mengandung klorofil, yang merupakan pigmen warna hijau. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi klorofil dapat membantu pembentukkan kolagen di dalam kulit.

Suplemen klorofil sangat bagus sebagai sumber antioksidan melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Menjadikan kulit anda menjadi awet muda.

Jeruk

Vitamin C membantu menghubungkan asam amino untuk membentuk kolagen, seperti proline, yang merupakan nutrisi penting untuk memproduksi kolagen.

Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi dari racun di udara, makanan dan air yang menyebabkan rusaknya kolagen dan merusak lapisan dalam dari kulit anda. Vitamin C juga membantu sel-sel kulit untuk memperbaiki diri dan regenerasi, yang sangat direkomendasikan untuk mencegah kulit keriput dan sering ditambahkan ke dalam produk kecantikan kulit.

Telur Ayam

Telur ayam merupakan sumber makanan yang mengandung kolagen, terutama di kuning telurnya dan selaput cangkang telurnya. Faktanya, selaput cangkang telur telah dijadikan suplemen populer untuk meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki kandungan kolagen.

Telur ayam juga kaya akan sulfur, mineral yang diperlukan untuk pembentukan kolagen. Sulfur juga berperan dalam detox liver stadium 2, yang membantu tubuh anda membuang racun dari lingkungan seperti polusi udara, air dan makanan.

Comments (No)

Leave a Reply

Please disable your adblock for read our content.
Refresh