Makanan Terbaik untuk Melawan Kelelahan  

Jika Anda sering bekerja sampai larut, Anda pasti kenal dengan rasa lelah yang sangat sampai-sampai inging langsung tidur saja atau melewati gym untuk ketiga kalinya secara berturut-turut karena terlalu lelah dan capek. Saat perasaan lelah luar biasa tersebut terasa di tubuh maupun pikiran, sudah saatnya Anda butuh bantuan; dan lebih baik lagi jika bantuannya berupa tambahan energi ekstra. Tapi tidak berarti Anda harus ke barista meminta satu gelas espresso atau langsung memakan bar energi (meskipun iklannya terlihat meyakinkan). Ini hanyalah berarti tubuh Anda menginginkan nutrisi biasa yang lama.

Kafein dan gula hanya akan memberikan solusi sementara. Jika Anda menginginkan energi yang terus-menerus, Anda harus menemukan makanan dengan substansi yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini daftar makanan yang dapat melawan kelelahan bagi Anda yang sering kerja lembur!

Pisang

Cemilan yang mudah didapatkan ini secara literal adalah energi yang dapat dibawa ke mana-mana. Pisang merupakan sumber bagus dari vitamin B, serat, dan potassium serta karbohidrat. Semua nutrisi ini bekerja sama untuk menyediakan aliran energi yang sehat – baik secara fisik maupun mental. Pisang juga ideal dimakan sebelum dan sesudah olahraga – berkat kemampuannya untuk mengembalikan simpanan energi dan meningkatkan pemulihan otot. Lain kali saat Anda punya terlalu banyak pisang, daripada membiarkannya jadi busuk, cobalah blender jadi smoothie pisang dan susu almond yang menyegarkan.

Yogurt

Dengan rasa yang beragam-ragam, yogurt cocok sebagai cemilan yang menyenangkan. Penuh dengan protein, kalsium, dan magnesium, yogurt dapat menjaga Anda tetap berenergi saat pagi hari maupun setelah shift kerja yang panjang. Jika Anda menginginkan yogurt sempurna untuk dimasukkan dalam daftar belanjaan Anda, cobalah yang tanpa gula!

Salmon

Semua orang sudah tahu bahwa salmon bagus untuk otak Anda – ikan ini bahkan sudah dibuktikan dapat mencegah Alzheimer. Makanan otak lezat ini mendapat julukannya berkat kandungan asam lemak omega 3 nya yang banyak serta seringkali hilang dari pola makan kebanyakan orang. Omega 3 telah terbukti dapat meningkatkan energi dan mood, serta mencegah depresi dan penyakit kardiovaskular. Dan apalagi, salmon dipenuhi dengan 21 gram protein per sajian, yang tentunya tidak akan merugikan.

Selai kacang

Selain kacang adalah cemilan padat kalori yang secara keliru dijauhi banyak orang karena kandungan kalorinya yang tinggi. Walaupun selai kacang tinggi kalori, hal ini sangat berguna untuk menjaga Anda tetap berenergi. Selai kacang penuh dengan lemak baik, protein, dan serat yang bagus untuk menunda rasa lapar dan menyeimbangkan level glukosa. Lain kali saat Anda membeli selai kacang, cobalah cari yang tidak ada tambahan gula, garam, atau zat pengawet.

Almond

Almond merupakan cemilan sehat nomor satu di dunia. Cemilah rendah kalori dan kaya nutrisi ini sangat penuh vitamin dan mineral penting seperti magnesium dan vitamin B, serta dapat meningkatkan metabolisme makanan. Studi juga telah menunjukkan bahwa defisiensi magnesium dapat menjadi penyebab metabolisme energi yang rendah, sehingga membuat almond jadi makanan terbaik untuk melawan kelelahan. Jika Anda khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori, cukup makan satu sajian saja – 1 ons, atau sekitar 23 kacang – untuk mengawasi kalorinya.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh