Kulit yang Menua

Dalam masyarakat yang sangat terfokus pada terlihat muda, banyak produk dan perawatan kecantikan menjanjikan untuk memutar kembali waktu dan secara ajaib menyingkirkan semua keriput, bintik-bintik penuaan, varises, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Akan tetapi, lebih baik Anda melindungi kulit sejak dini saja agar tangan serta kulit di seluruh tubuh Anda nantinya tidak akan menunjukkan tanda penuaan terlalu cepat.

Keriput seiring waktu

Sementara kita menua, kulit kehilangan elastisitas dan kemampuannya untuk kembali ke bentuk semula. Pikirkan bahwa kulit yang menua Anda itu hampir sama seperti karet gelang – semakin lama karet tidak akan kembali ke bentuk semula lagi.

Hal ini terjadi karena kulit kehilangan elastin – serat yang membuat kulit kencang dan terlihat muda – serta kolagen. Kita juga kehilangan lemak yang berada di bawah lapisan kulit, yang mengakibatkan lapisan luar menipis dan longgar, sehingga membentuk keriput.

Genetika memainkan peranan dalam menentukan apakah keriput akan menjadi bagian dari masa depan Anda. Jika orang tua Anda memiliki keriput, besar kemungkinan Anda akan mewarisi sifat ini. Akan tetapi, ada juga faktor lain yang bekerja dalam membentuk dan memperparah keriput – kerusakan akibat sinar matahari, perawatan kulit yang buruk, dan merokok kemungkinan dapat menyebabkan Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya.

Menunda penuaan

Penuaan adalah bagian dari kehidupan, tapi Anda masih punya kontrol atas seberapa tua Anda terlihat di masa depan. Apa yang Anda lakukan setiap hari memengaruhi penampilan Anda serta bagaimana orang lain memandang Anda. Jika Anda sering berjemur dan merokok hingga 10 bungkus sehari, kulit Anda kemungkinan malah akan secara keliru memberitahu orang lain bahwa Anda lebih tua daripada usia Anda sebenarnya. Sebaliknya, kelakuan dan kebiasaan baik akan membantu Anda tetap terlihat muda lebih lama. Inilah beberapa tips agar kulit menua secara alami:

Perlindungan terhadap sinar matahari. Tidak mungkin Anda dapat menghindari sinar matahari sepenuhnya, tapi setidaknya Anda dapat melindungi kulit dengan cara mengoleskan tabir surya dengan SPF minimum 15, memakai topi dengan tepian lebar, dan pakaian yang menutupi tubuh. Perhatikan tangan dengan seksama, oleskan kembali tabir surya sesering mungkin – tangan dapat dengan mudah menunjukkan tanda-tanda penuaan jika mereka kering dan dipenuhi bintik-bintik coklat. Selain membuat Anda terlihat cantik, perlindungan ini dapat membantu menghindari perkembangan kanker kulit.

Ikuti rutinitas perawatan kulit yang sehat. Berikan perhatian pada kulit di bawah leher sebanyak pada wajah Anda. Mandilah dengan air hangat, bukan panas – sebab lebih tidak mengeringkan. Gunakan sabun mandi yang lebih lembut atau cleanser bebas sabun untuk menghindari menyingkirkan minyak alami kulit. Lotion tubuh yang kaya, jika dioleskan tepat setelah mandi, dapat mengatasi masalah kulit yang kering. Berikan perhatian khusus pada siku, lutut, dan tumit kaki yang kasar.

Pola makan yang sehat. Kesehatan kulit Anda dapat ditingkatkan dari dalam tubuh. Makanlah makanan yang kaya minyak sehat dan antioksidan, yang merupakan substansi yang melindungi sel Anda terhadap radikal bebas. Ikan, yang kaya asam lemak omega 3, dan sayuran berdaun hijau merupakan antioksidan alami yang jauh lebih baik daripada suplemen. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang tinggi, disebut catechin, yang kemungkinan dapat melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Pastikan minum banyak air juga agar tetap terhidrasi.

Merawat kulit sejak dini sangat penting agar Anda terlihat dan merasa lebih baik. Jika Anda menemukan perubahan signifikan dan tiba-tiba pada penampilan kulit Anda, selalu kunjungi ahli dermatologi Anda.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh