Kantung Mata – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi mereka yang sangat memerhatikan penampilan mereka, khususnya pada wajah, kantung mata pasti merupakan mimpi terburuk mereka. Tidak peduli seberapa indahnya mata Anda, jika dihiasi dengan kantung mata berwarna gelap, pasti tidak ada gunanya.

Kantung di bawah mata membuat Anda terlihat sedang depresi, seperti seseorang yang tidak cukup tidur, atau yang selalu merasa cemas. Kita semua pasti tidak menginginkan kantung mata, tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa sih penyebabnya?

Apa itu kantung mata?

‘Kantung mata’ jelas bukanlah istilah medis untuk kondisi ini; sebenarnya namanya adalah bengkak periorbital. Pada dasarnya, hal ini merujuk pada pembengkakan jaringan di sekitar mata. Area ini disebut orbit. Orbit adalah rongga di mana mata berada. Karena alasan inilah, pembengkakan pada jaringan di area tersebut kita sebut kantung mata (atau mata bengkak).

Penyebab kantung mata

Meskipun terdapat berbagai faktor yang dianggap dapat menjadi penyebab kantung mata, marilah kita lihat yang paling umum dulu. Penyebab paling umum kantung mata adalah kurang tidur. Hal ini kemungkinan karena jika seseorang tidur lebih sedikit pada suatu hari, keesokan harinya matanya akan terlihat bengkak. Itulah mengapa banyak orang mengaitkan kantung mata dengan kurang tidur.

Akan tetapi, selain kurang tidur, kantung mata juga dapat disebabkan karena terlalu banyak tidur, lho! Jadi, istirahatlah yang cukup agar mata tetap terlihat segar dan menarik.

Faktor lain yang menyebabkan kantung mata adalah usia. Hal ini karena seiring seseorang menua, kulit di sekitar mata menjadi semakin tipis dan lemah. Oleh karena itu, kulit jadi membengkak dan menurun, sehingga terlihat menjadi kantung mata. Dalam hal ini, gravitasi adalah musuhnya karena gravitasi menarik apapun ke bawah, termasuk kulit kita (yang merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia). Oleh karena itu, seiring seseorang menua (yang juga berarti mereka telah terus hidup dengan efek gravitasi sejauh ini), kulit terus melonggar, hingga menyebabkan kantung mata. Sayangnya, kita tidak dapat melakukan apapun terhadap penuaan.

Anda juga tidak boleh melupakan pola makan Anda, yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari berbagai masalah dalam tubuh manusia. Konsumsi garam yang berlebihan (atau makanan/minuman asin) juga meningkatkan retensi cairan pada area di sekitar mata. Jumlah besar sodium dalam makanan olahan pastinya dapat disalahkan atas kantung mata kita.

Stress adalah penyebab lain dari kantung mata. Konsumsi tembakau dan alkohol secara berlebihan jelas-jelas buruk bagi Anda, khususnya jika Anda ingin menyingkirkan kantung mata Anda. Bahan-bahan beracun ini berkontribusi secara signifikan pada stress dan depresi, kelelahan, serta retensi cairan.

Bagaimana menyingkirkan kantung mata?

Kantung mata biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dan untungnya, dapat diatasi dengan perubahan simpel dan efektif dalam gaya hidup dan pola makan seseorang. Contohnya, Anda harus mengurangi konsumsi makanan asin, alkohol dan tembakau. Selain itu, orang-orang yang sering mengunjungi gym juga memiliki risiko kantung mata yang lebih rendah. Saat tidur, pastikan kepala lebih tinggi dari tubuh Anda. Kompres dingin pada mata juga dapat bekerja sebagai solusi sementara, sebab suhu dingin menciutkan pembuluh darah, yang mencegah aliran cairan ke jaringan ini.

Terakhir, seperti kelainan medis lainnya, tetap bahagia dan ceria adalah cara terbaik untuk menyingkirkan kantung mata secara alami. Jauhi stress dan depresi sebisa mungkin. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat menghilangkan kantung mata dan mengembalikan penampilan indah Anda.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh