Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Tindikan

Tindikan bukanlah hal baru. Menindik telinga telah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu, terbukti dari salah satu mumi tertua yang pernah ditemukan, Otzi Si Orang Es, yang memiliki cuping telinga memanjang. Tindikan di hidung juga disebutkan dalam Alkitab. Selain itu, mode-mode lama juga populer kembali sekarang, seperti anting-anting gantung yang terkenal saat abad ke-18.

Akan tetapi, fakta bahwa menindik telinga telah lama ada bukan berarti orang-orang tahu semua hal tentang tindikan. Tak peduli apakah Anda baru pertama kali menindik atau ingin menambah lebih banyak lagi, serta tak peduli apakah  Anda menindik karena tradisi budaya atau sebagai suatu bentuk pengekpresian diri, berikut ini kami berikan beberapa fakta yang mungkin tidak Anda ketahui tentang menindik.

1. Selalu ada suatu bentuk komplikasi pada 35 persen tindikan

Sebuah studi pada tahun 1998 menemukan bahwa 35 persen perawat yang disurvei di berbagai rumah sakit besar di AS yang memiliki tindikan melaporkan terjadinya komplikasi. Komplikasi besar dilaporkan kurang dari 1 persen pada saat itu, dan infeksi kecil merupakan sebagian besar dari masalah yang ada. Jika penindik tidak memakai sarung tangan, peralatannya tidak bersih, atau tindikannya tidak sembuh dengan benar, Anda bisa terkena infeksi.

2. Anda bisa jadi alergi terhadap tindikan Anda

Perhiasan yang mengandung nikel, kobalt, atau emas putih dapat menyebabkan reaksi alergi. Nikel adalah alergen yang sangat umum, dan reaksi alergi apapun biasanya akan hilang segera setelah tindikan dilepaskan. Stainless steel berkualitas baik, titanium, atau emas 14 atau 18 karat seharusnya tidak akan mengakibatkan masalah.

3. Jangan menindik hanya untuk coba-coba

Jika Anda menemukan diri Anda berada di toko perhiasan untuk menindik dan berpikir bahwa Anda bisa melepaskan tindikan kapan saja, kami sarankan Anda pikirkan kembali baik-baik. Anda memang bisa melepaskan perhiasannya, tapi sembuh dengan sempurna adalah cerita lain lagi. Bekas luka, tonjolan, atau bahkan lubang bisa jadi tetap ada setelah Anda menyingkirkan tindikannya. Jelas bukan yang Anda inginkan.

4. Tindikan pada dasarnya adalah trauma

Tindikan termasuk luka – serta sedikit bengkak dan merah-merah adalah bagian dari respon alami tubuh untuk memulihkan diri. Jadi, hal ini bukan berarti Anda terkena infeksi. Biasanya, merah-merah lebih sering disebabkan oleh produk pembersih yang keras daripada infeksi.

Tubuh bekerja keras untuk memulihkan segala luka, tindikan atau bukan, serta tidak memerlukan bantuan apapun dari Anda selain menjaga perhiasannya bersih. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, tubuh akan menganggap perhiasan sebagai benda asing, seperti duri yang tersangkut di ibu jari Anda. Jika tubuh menolak tindikannya, artinya pada dasarnya tubuh berusaha “mendorong keluar” duri tersebut.

5. Tindikan di area tertentu butuh waktu lebih lama untuk sembuh

Kami tidak bercanda. Semakin banyak darah yang mengalir ke area tertentu, semakin cepat tindikannya akan sembuh – serta lebih tidak rentan terhadap infeksi. Cuping telinga, lidah, dan bibir memiliki waktu pemulihan yang paling cepat, yaitu sekitar empat hingga enam minggu, berkat aliran darahnya yang tinggi. Tulang rawan di bagian luar telinga atau hidung butuh waktu lebih lama untuk pulih. Hal ini bukan berarti tindikan hidung akan terasa sakit selama berbulan-bulan, tetapi Anda harus membersihkannya dengan hati-hati selama periode ini.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh