Khasiat Buah Merah Papua Jadi Incaran Negara Lain

Kandungan Baik Dalam Buah Merah

Terdapat beberapa khasiat  yang terkandung dalam buah merah ini sehingga membuatnya diincar oleh negara-negara di dunia. Khasiat tersebut di antaranya adalah antioksidan seperti karotenoid, vitamin yang berupa tokoferol, asam lemak hingga 35%, serta mineral yang terdiri dari Fe, Mg, Ca, dan Zn.

Khasiatnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit HIV / AIDS di mana tokoferol dan betakarotennya dapat berperan sebagai antioksidan guna meningkatkan kekebalan tubuh, kanker dan tumor karena tokoferolnya dapat juga berperan sebagai antioksidan untuk kekebalan tubuh.

Untuk penderita penyakit stroke dan tekanan darah dipercaya kandungan tokoferal dapat mengencerkan darah dan membuat sirkulasi darah normal kembali.

Untuk penyakit diabetes mellitus dipercaya kandungan tokoferol dapat membantu kerja pankreas sehingga fungsi pankreas dapat kembali normal, dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah kansu ini.

Selain menyembuhkan berbagai macam penyakit, buah merah ini juga diyakini dapat meningkatkan kesuburan karena kandungan vitamin E-nya yang sangat tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan gairah serta vitalitas fisik sepanjang hari.

Terkait beredarnya beragam khasiat-khasiat tersebut, menarik minat seorang dosen sekaligus ahli gizi dari Universitas Cendrawasih, Drs. I Made Budi M.S, untuk mengadakan penelitian tentang kebiasaan masyarakat tradisional di Wamena, Timika, dan desa-desa di kawasan pegunungan Jayawijaya yang menjadikan buah merah sebagai obat cacing, penyakit kebutaan, dan penyakit kulit.

Selain itu, pengamatan juga dilakukan pada masyarakat Papua yang berbadan kekar, berstamina lebih tinggi, dan juga mereka yang jarang memakai baju di kondisi alam yang keras serta cuaca yang cukup dingin di puncak Jayawijaya. Mereka sering mengonsumsi buah merah di kesehariannya sehingga itulah yang membuat mereka jarang terkena penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung, dan kanker.

Karena kekayaan khasiatnya itulah banyak masyarakat mancanegara mengincar buah merah Papua ini yang lantas kerap digunakan untuk obat-obatan dan juga penelitian. Pengolahan buah ini banyak diekspor ke berbagai negara di kawasan Asia, Eropa, bahkan sampai Afrika lantaran jarang ditemukan selain di dataran tinggi Papua.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh