Bahaya Makan Mi Instan Untuk Kesehatan

Mi instan adalah salah satu makanan cepat saji yang paling disukai orang. Biasanya, makanan ini sering dikonsumsi para siswa, anak-anak, serta orang yang terlalu sibuk untuk memasak. Mi instan rasanya enak dan gurih, sehingga banyak orang kecanduan memakannya.

Meskipun begitu, memakan mi instan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda, lho. Banyak orang tua tidak tahu bahaya mi instan sehingga mereka seringkali membiarkan anaknya mengonsumsi makanan ini. Efeknya memang tidak terlihat oleh mata, tapi memakan mi instan akan membuat Anda merasa kembung, masuk angin, pencernaan terganggu, dll.

Mengapa mi instan sangat berbahaya bagi kesehatan? Hal ini karena mi instan terbuat dari karbohidrat olahan yang sedikit seratnya. Kandungan mi instan akan menyebabkan naiknya gula darah, berat badan bertambah, serta masalah kesehatan lainnya yang membahayakan. Selain itu, mi instan juga mengandung zat pewarna dan pengawet. Berikut ini beberapa bahaya makan mi instan.

1. Pencernaan terganggu

Bagi Anda penggemar makanan siap saji, Anda tidak boleh memakannya terlalu sering, lho. Cukup sekali sebulan saja agar pencernaan Anda tidak terganggu. Memakan mi instan akan memperparah gangguan pencernaan dengan menyebabkan rasa sakit pada bagian perut, diare, perut kembung, dan perasaan berat.

2. Tekanan darah tinggi

Mi instan mengandung banyak sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan kerusakan ginjal, serta menimbulkan retensi cairan pada tangan dan kaki. Mi instan sangat tidak disarankan untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

3. Menurunkan metabolisme

Lebih jauh lagi, mi instan juga dapat menurunkan laju metabolisme tubuh. Hal ini akan membuat berat badan Anda bertambah drastis, sebagai akibat dari racun yang terkumpul dalam tubuh dari mi instan. Racun mi instan berasal dari perasa, pewarna, dan pengawet yang terdapat di dalamnya.

4. Monosodium glutamat (MSG)

Bahaya mi instan selanjutnya datang dari MSG atau Monosodium Glutamat yang terkandung di dalamnya. MSG ditambahkan ke mi instan agar rasanya lebih lezat. Penelitian mengungkapkan bahwa MSG berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan otak, penyakit ginjal, serta penyakit lainnya. Orang yang alergi terhadap mi instan terkadang juga mengalami sakit pada bagian dada, sakit kepala, dan masalah-masalah lainnya.

5. Mengandung lilin

Lilin adalah salah satu bahan dalam mi instan yang berbahaya. Lilin dibutuhkan untuk mencegah helaian mi menempel satu sama lain. Saat Anda memasak mi di air mendidih, Anda bisa melihat lapisan lilin yang mengambang di permukaan air. Lilin pada mi instan dapat menyebabkan masalah pada perut, seperti sembelit.

6. Kandungan penyebab kanker

Bahaya mi instan bagi kesehatan selanjutnya adalah karena makanan ini mengandung beberapa zat yang telah diketahui dapat menyebabkan kanker. Mi instan cup khususnya sangat berbahaya sebab wadahnya mengandung banyak substansi berbahaya yang bisa masuk ke mi.

7. Merusak hati

Tidak hanya lilin, mi instan juga mengandung humektan yang merupakan zat untuk mencegah mi membeku. Substansi ini sangat berbahaya dan dapat merusak hati dan ginjal. Sistem imun juga bisa melemah akibat zat ini.

8. Masuk angin, kembung, dan masalah pencernaan

Mi instan sangat mudah dimasak dan disiapkan. Akan tetapi, Anda harus tahu bahwa mi instan sangatlah susah dicerna karena mi cenderung melekat pada dinding usus. Itulah sebabnya mi sering menimbulkan gas dalam perut.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh