Bagaimana Kopi Memengaruhi Tubuh Anda?

Tidak ada yang lebih baik daripada secangkir kopi pada pagi hari, dan kebanyakan dari kita membutuhkan dorongan kafein untuk memulai hari. Akan tetapi, selain membuat Anda lebih sadar pada pagi hari, pernahkah Anda bertanya-tanya apa sih sebenarnya efek kopi terhadap tubuh kita?

Kopi adalah minuman panas yang terbuat dari biji kopi panggang serta mengandung kafein, yang menstimulasi sistem saraf, jantung, dan otot kita. Setelah meminum kopi, kafein akan masuk ke aliran darah relatif cepat (biasanya membutuhkan 10 menit sebelum Anda merasakan efeknya), dan zat ini selanjutnya akan menuju otak di mana kafein bekerja sebagai stimulan. Salah satu hal terbaik tentang kopi adalah bukan hanya minuman ini dapat membantu Anda tetap terjaga, tapi juga dapat menaikkan mood dengan cara meningkatkan jumlah zat kimia dopamin yang membuat Anda senang di dalam otak.

Selain sistem saraf, kafein juga memengaruhi perut dan menambah jumlah asam, yang pada beberapa orang dapat mengakibatkan rasa mulas dan sakit perut. Serta alasan untuk kencing yang lebih sering adalah karena kafein tidak dapat disimpan di dalam tubuh kita, dan pada akhirnya diproses oleh hati dan dikeluarkan melalui urine.

Terdapat banyak manfaat kesehatan dari meminum kopi, selain sebagai stimulan. Kopi dapat membantu otot pulih lebih cepat setelah olahraga, membantu mengurangi kerusakan hati akibat minum alkohol terlalu banyak, dan kemungkinan mengurangi risiko kanker hati hingga 15 persen untuk setiap cangkir yang dikonsumsi tiap hari.

Kafein juga dapat membantu membakar lemak sebab kopi membangunkan metabolisme. Menurut sebuah studi, orang-orang yang minum kopi sebelum berolahraga lebih mungkin membakar lebih banyak lemak. Selain itu, studi juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi secara rutin memiliki risiko lebih rendah menderita dementia dan penyakit Alzheimer, serta menurunnya risiko bunuh diri hingga 45 persen.

Tentu saja, meminum kopi juga ada kekurangannya. Karena kafein tetap berada dalam sistem kita selama beberapa jam, kopi dapat mengakibatkan insomnia, dan juga dapat memengaruhi otak secara negatif sehingga menimbulkan kecemasan dan kegugupan. Orang yang secara rutin minum beberapa cangkir kopi dalam sehari juga bisa mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala dan mudah marah, jika mereka memutuskan untuk mengurangi konsumsi kopi.

Jadi, seberapa banyak kopi yang diminum agar bisa dianggap sehat? Menurut Mayo Clinic, kebanyakan orang dewasa sehat bisa mengonsumsi hingga 40 mg kopi setiap hari.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh