Apa yang Salah dengan Kulit Kepala Saya?

Kondisi yang memengaruhi kulit kepala dan rambut sangatlah umum, tapi bisa jadi cukup memalukan karena kondisi seperti ini tidak mudah disembunyikan. Rambut kita adalah bagian dari kepribadian kita. Saat kita mengalami masalah dengan rambut, hal ini dapat mengubah rasa percaya diri kita.

Mengetahui bagaimana menemukan dan membedakan antara masalah kulit kepala dengan masalah rambut adalah langkah pertama untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Inilah beberapa kondisi umum pada kulit kepala dan rambut, apa penyebabnya, dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya.

Ketombe

Karena kulit kepala kita menghasilkan sel kulit mati juga, sedikit serpihan saja tidak perlu dikhawatirkan. Tapi, jika serpihan putih kecil tersebut terus-menerus memenuhi garis rambut dan bahu Anda, itu berarti Anda berketombe. Juga diketahui sebagai seborrheic dermatritis, kondisi ini menyebabkan gatal-gatal dan dapat membuat kulit kepala Anda meradang dan nyeri.

Para dokter tidak yakin apa yang menyebabkan ketombe, tapi beberapa yang diduga adalah stress, genetik, iklim yang panas atau dingin, kesehatan Anda secara keseluruhan, atau banyaknya ragi yang tinggal di kulit Anda dan berkembang dari minyak yang dihasilkan folikel rambut Anda.

Untuk mengatasi ketombe, belilah shampoo yang mengandung zinc pyrithione, tar, asam salisilat, dan ketoconazole. Bahan-bahan ini dapat melawan jamur yang menyebabkan ketombe serta membantu menyingkirkan sel kulit mati dari kulit kepala Anda. Akan tetapi, berhati-hatilah sebab shampoo yang mengandung tar batu bara dapat mengubah warna rambut yang cerah dan membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Rambut rontok

Meskipun rambut rontok sering dikaitkan dengan pria berusia tertentu, hal ini dapat terjadi baik pada wanita maupun pria, yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, kelainan tiroid yang tersembunyi, kondisi autoimun, ketidakseimbangan zat besi, atau faktor risiko genetik. Hal ini juga kemungkinan dapat terjadi akibat pengobatan atau malnutrisi, atau Anda mungkin sedang menjalani kejadian hidup yang membuat stress ataupun tekanan fisik.

Jika rambut Anda tiba-tiba rontok dan terjadi dalam pola melingkar, Anda kemungkinan menderita kondisi yang disebut alopecia areata, yaitu penyakit autoimun di mana tubuh menghancurkan folikel rambut yang sehat. Biasanya diobati dengan suntikan kortikosteroid sebulan sekali untuk mengurangi peradangan serta membantu pertumbuhan kembali.

Kebiasaan merawat rambut yang salah juga dapat menyebabkan atau memperparah rambut rontok. Terlalu sering mencuci rambut dengan produk yang salah dapat menghabiskan minyak alami rambut, sehingga mengeringkan dan menipiskan kutikel rambut, yang berujung pada kerusakan rambut. Kami menyarankan untuk menggunakan shampoo yang bebas alkali dan sabun untuk menstabilkan struktur rambut, meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala, dan merawat kulit kepala yang sensitif dan rapuh. Selain itu, pijat kulit kepala Anda dengan lembut saat mandi dua atau tiga kali seminggu untuk membantu menyingkirkan serpihan kulit, residu produk, dan minyak alami, serta meningkatkan aliran darah ke kulit kepala agar rambut baru tumbuh lebih cepat.

Selain itu, pola makan juga sangat penting. Makanan yang tinggi asam lemak omega 3, besi, dan protein sering dikaitkan dengan kulit kepala dan rambut yang sehat.

Kurap

Disebut juga ringworm dalam bahasa Inggris, kondisi kulit kepala ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan cacing – atau worm. Penyakit ini adalah kondisi infeksi jamur, juga dikenal dengan nama tinea. Kurap mendapat namanya dari penampilannya: cincin dengan tepian berwarna merah, bersisik, dan gatal. Kondisi ini sangat mudah menular dan dapat menyebar melalui topi, bantal, dan sikat, serta juga bisa ditularkan dari hewan peliharaan. Kurap umum diderita oleh balita dan anak-anak.

Pengobatan untuk kurap yaitu obat oral untuk membunuh jamurnya, serta shampoo obat yang dapat mengurangi penyebaran infeksi.

Comments (No)

Leave a Reply

Please disable your adblock for read our content.
Refresh