Apa yang Harus Anda Ketahui tentang Melanoma

Jika Anda secara genetik lebih mungkin menderita kanker kulit atau lebih rentan terhadap kulit terbakar, mengetahui tentang melanoma bisa saja menyelamatkan hidup Anda – atau hidup orang-orang tercinta Anda.

Sebagai kanker kulit yang paling mematikan, mendeteksi melanoma – yang merupakan tumor ganas – merupakan hal yang penting untuk diketahui. Untungnya, jika dideteksi secara dini, melanoma dapat diobati dengan efektif. Sulitnya mengenali melanoma adalah bahwa gejalanya seringkali tidak jelas, sehingga sangat penting untuk memerhatikan kulit kita. Berikut ini cara-cara untuk mendeteksi salah satu bentuk kanker kulit yang paling parah.

Bisakah Anda menemukan melanoma?

Melanoma seringkali terlihat seperti tahi lalat, dan beberapa di antaranya memang berasal dari tahi lalat. Tanda pertama melanoma atau tahi lalat kanker ganas biasanya terlihat pada tahi lalat yang tidak biasa.

Ingatlah tanda-tanda peringatan melanoma di bawah ini. Jika Anda melihat salah satu atau lebih dari tanda-tanda ini, segera kunjungi ahli dermatologis Anda.

Melanoma bentuknya tidak simetris. Artinya, jika Anda membuat garis yang memotong tahi lalat hingga setengah, kedua sisi tidak akan sama bentuknya.

Tahi lalat jinak memiliki garis batas yang jelas, sedangkan yang ganas tidak.

Tahi lalat jinak memiliki satu warna saja, sedangkan melanoma memiliki beragam warna. Kebanyakan berwarna hitam atau coklat, dengan gelap terang yang berbeda-beda. Yang lainnya berwarna kulit, pink, merah, ungu, biru, atau putih.

Tahi lalat jinak ukurannya kecil. Yang ganas biasanya berdiameter lebih dari 6 mm.

Tahi lalat jinak jarang berubah seiring waktu berjalan, sedangkan tahi lalat ganas terus-menerus berevolusi dan berubah. Ukuran, bentuk, dan warnanya bisa berubah-ubah; dan kelihatannya berbeda dari yang normal. Melanoma juga kemungkinan rasanya sakit atau bahkan mengeluarkan darah.

Kenapa harus dideteksi secara dini?

Kalau cepat dideteksi, Anda lebih mungkin untuk selamat dari kanker melanoma jika mendapat pengobatan efektif. Faktanya, jika diobati pada awalnya, tingkat bertahan hidup selama 5 tahun ke depannya adalah 99 persen. Akan tetapi, hal ini tergantung pada beberapa faktor. Pilihan pengobatan termasuk membuang melanomanya, biasanya melalui operasi.

Apakah ada lagi tanda-tanda mencurigakan lainnya?

Jenis kanker kulit lain yang lebih umum daripada melanoma iaalah:

  • Karsinoma sel basal
  • Karsinoma sel skuamus

Jika Anda menemukan hal yang mencurigakan pada kulit, atau titik yang berubah, gatal, atau berdarah, segeralah kunjungi dokter kulit atau ahli dermatologi.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh