Alasan Mengapa Anda Harus Mengunyah Makanan Lebih Lama

Seberapa sering kita duduk santai dan menikmati makanan kita suap demi suap, mengunyahnya dengan benar, dan sepenuhnya menikmati rasa makanan? Pada dunia zaman sekarang yang sibuk ini, kita sering melihat orang-orang makan sambil bekerja, berpindah-pindah dari satu restoran makanan siap saji ke yang lainnya, buru-buru menelan makanan agar tidak terlambat ke meeting, dan sebagainya. Sangat disayangkan bahwa kita tidak bisa meluangkan waktu 20-25 menit untuk fokus dan makan dengan benar.

Inilah beberapa alasan mengapa mengunyah dengan benar sangat penting:

1. Menyehatkan pencernaan

Mengunyah adalah tahap pertama pencernaan di mana partikel makanan dicerna menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan bantuan air liur. Saat kita tidak mengunyah makanan, kita sebenarnya melewatkan salah satu langkah besar dalam mencerna makanan, yang mengakibatkan rasa kembung atau masalah pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Mengunyah dengan baik memberikan waktu bagi perut untuk mensekresikan cairan pencernaan yang diperlukan serta mempersiapkan diri dengan baik untuk pencernaan yang sehat. Hal ini akan membantu pencernaan sepenuhnya, penyerapan nutrisi yang efisien, serta pergerakan usus yang baik.

3. Penggunaan glukosa yang lebih baik

Saat makan, otak memberikan sinyal kepada pankreas untuk mensekresikan insulin yang cukup untuk menangani glukosa yang bertambah setelah makan. Agar hal ini dapat terjadi, kita harus memberikan cukup pertanda kepada tubuh melalui aksi mengunyah makanan. Makan terlalu cepat dan mendorong makanan ke dalam mulut ketika tubuh tidak siap kemungkinan dapat menimbulkan gangguan dalam penggunaan/penyerapan insulin yang mengakibatkan diabetes awal atau penolakan insulin.

4. Membantu menurunkan berat badan

Mengunyah makanan dengan benar penting jika Anda ingin mengontrol porsi Anda. Perut membutuhkan setidaknya 20 menit untuk memberi sinyal ke otak saat kita merasa kenyang. Jadi, jika Anda mengunyah dan menikmati tiap suapan dengan perlahan, Anda akan bisa lebih mudah mengontrol porsi makan agar dapat menurunkan berat badan.

5. Lebih kenyang

Mengunyah juga merupakan komponen penting dalam teknik makan dengan sadar. Mengunyah memicu indra untuk merasakan berbagai rasa dan puas dengan porsi kecil. Indra perasa kita dibuat dengan tujuan tertentu dan seharusnya dibiarkan dapat mengalami berbagai rasa, tekstur dan konsistensi. Saat Anda makan dengan sehat dan mengunyah dengan benar, Anda akan dapat merasakan pengalaman hubungan “pikiran-tubuh-makanan” dan akan melihat aktivitas makan sebagai pengalaman yang menyehatkan dan menyenangkan.

Jika Anda telah mengabaikan aktivitas sederhana ini, sudah saatnya untuk berusaha melakukannya dengan sadar sekarang. Ambillah waktu untuk mengunyah makanan Anda. Selamat mengunyah!

Please disable your adblock for read our content.
Refresh