5 Manfaat Minum Air yang Tak Anda Ketahui

Manfaat minum air telah banyak dibahas di berbagai media. Air menjaga Anda tetap terhidrasi, yang merupakan hal penting sebab setiap sel dalam tubuh Anda perlu air agar dapat menyerap nutrisi dan membuang zat sisa. Akan tetapi, apa sih manfaat minum air lainnya yang lebih tak dikenal?

  1. Membuat Anda awet muda

Minum banyak air sangat bagus untuk kulit Anda. Jika Anda tidak cukup minum air, kulit bisa menjadi kering, dan Anda pun kemungkinan harus menggunakan lebih banyak krim dan lotion untuk melembabkan. Akan tetapi, krim dan lotion tidak bisa mengatasi masalahnya sampai ke akar. Minum cukup air dapat menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput.

Jika Anda tidak minum cukup air, tubuh akan harus menyimpan air agar dapat menghemat sumber daya. Simpanan air ini akan membuat kulit Anda bengkak dan bisa membuat Anda kembung.

  1. Menurunkan berat badan

Ada alasan mengapa kebanyakan diet dan program fitness menyuruh Anda untuk minum banyak air. Salah satu manfaatnya yaitu membantu Anda menurunkan berat badan.

Air menekan nafsu makan Anda, sehingga Anda tidak akan makan banyak. Minum air yang cukup juga mencegah retensi cairan, sebab tubuh Anda tidak akan berusaha menyimpan air jika terdapat cukup banyak air.

Minum air juga membantu tubuh membakar lemak yang disimpan. Jika Anda tidak minum cukup air, hati akan terpaksa untuk membantu ginjal mendetoksifikasi tubuh. Saat terdapat air yang cukup, ginjal tidak akan membutuhkan bantuan tambahan, sehingga hati dapat memetabolisme lemak dengan lebih efisien. Minum air dapat membilas racun dari tubuh dan mencegah sembelit.

  1. Membantu membangun otot

Manfaat lain minum air adalah dapat membuat otot Anda lebih kuat. Hal ini karena air membawa oksigen ke sel-sel tubuh Anda, termasuk sel otot. Minum air yang cukup membuat otot bisa bekerja lebih keras dan lebih lama sebelum kelelahan, dan hal ini dapat membantu Anda membangun otot.

  1. Membuat Anda lebih pintar

Minum air dapat meningkatkan fungsi kognitif Anda. Otak Anda membutuhkan banyak sekali oksigena agar dapat bekerja secara optimal. Minum banyak air akan memastikan otak Anda mendapatkan oksigen sebanyak yang diperlukan. Meminum air sebanyak 8 hingga 10 cangkir per hari dapat meningkatkan performa kognitif Anda sampai 30%, lho!

Minum cukup air juga bisa mendukung fungsi saraf. Hal ini memastikan bahwa jumlah elektrolit tubuh Anda tetap cukup tinggi agar saraf dapat mengirimkan pesan dari dan ke otak sebaik mungkin.

  1. Bagus untuk persendian Anda

Salah satu manfaat minum air yang kurang terkenal adalah dapat membantu menjaga persendian tetap kuat, sehat, dan diminyaki. Persendian Anda butuh kelembaban agar tetap kuat dan fleksibel, sehingga gerak-gerik Anda lancar dan tidak sakit.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh