5 Cara Melindungi Kulit Anda

Kulit Anda memainkan peranan penting dalam melindungi tubuh Anda, jadi sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Merawat kulit Anda tidak harus rumit atau memakan waktu, serta dapat dengan mudah jadi kebiasaan, seperti halnya menggosok gigi.

Itulah kenapa sangat penting untuk mengembangkan kebiasaan merawat kulit agar sehat – hal ini tidak pernah terlalu terlambat untuk dilakukan. Berikut ini lima tips perlindungan kulit yang dapat Anda masukkan dalam rutinitas Anda segera.

Batasi paparan sinar matahari

Anda telah mendengar pesan ini berjuta-juta kali, tapi dengan alasan yang bagus – sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada kulit, termasuk:

  • Kanker kulit
  • Keriput
  • Bintik-bintik
  • Warna kulit tak merata
  • Pertumbuhan tak wajar

Menggunakan produk perawatan kulit yang menawarkan perlindungan ultraviolet adalah salah satu cara untuk menjaga kulit Anda terlihat segar dan muda. Anda juga dapat memakai pakaian yang lebih menutup atau cukup tetap berada di dalam ruangan saat matahari terik.

Tetap terhidrasi

Meminum cukup air atau cairan sangat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Kami sarankan untuk memulai hari dengan secangkir teh hijau untuk mendapatkan air, kafein, dan antioksidan di dalamnya. Selain minum, Anda juga harus menjaga agar kulit tetap lembab.

Kulit yang terhidrasi dengan benar mempertahankan dan tidak akan pecah-pecah, bersisik, atau berkerak. Untuk melakukannya, kami rekomendasikan untuk menggunakan krim atau lotion pelembab yang benar agar kelembaban terjaga pada kulit. Mandi dengan air hangat (bukan panas) dan batasi selama lima hingga sepuluh menit, sebab kontak dengan air malah akan mengeringkan kulit Anda. Selain itu, belilah humidifier agar udara di sekitarmu tidak menyerap kelembaban dari kulit Anda.

Ambil tindakan pencegahan

Flu disebabkan oleh infeksi virus dari kulit di sekitar bibir, sementara bakteri dapat mengakibatkan jerawat dan kondisi kulit lainnya. Memerhatikan apa saja yang menyentuh kulit Anda dapat membantu mengurangi risiko paparan kuman. Mulailah dengan tips berikut ini:

  • Jangan berbagi menggunakan barang pribadi – seperti lip balm atau sikat gigi – dengan orang lain.
  • Jangan berbagi minum dengan orang lain.
  • Hindari menyentuh wajah dengan jari-jari Anda, serta hindari kontak wajah dengan barang yang telah digunakan orang lain, seperti gagang telepon.
  • Jangan korek kista atau pecahan. Pergi ke dokter untuk meminta mereka mengobati kondisi kulit seperti ini.

Gunakan produk perawatan kulit yang lembut

Mencuci muka penting untuk membersihkan kotoran, minyak, kuman, dan sel mati dari kulit. Tapi, menggosok wajah Anda dapat menyebabkan iritasi dan kulit pecah-pecah yang membuat Anda lebih rentan. Kami menyarankan:

  • Mencuci muka dua kali sehari dengan air hangat dan cleanser lembut.
  • Pijat wajah dengan lembut dalam gerakan melingkar menggunakan jari-jari Anda.
  • Bilas setelah mencuci muka untuk menyingkirkan semua sabun dan kotoran.
  • Menepuk – bukan mengusap-usap – kulit hingga kering, lalu oleskan pelembab.

Kenali kulit Anda

Periksakan kulit secara rutin untuk mengetahui apakah tahi lalat berubah atau terdapat tanda-tanda kanker kulit lainnya. Diskusikan dengan ahli dermatologis tentang apa saja perubahan yang harus Anda perhatikan. Kondisi kulit tertentu mengharuskan Anda mengunjugi dokter, seperti jerawatan parah, kulit kering meradang atau mengiritasi, serta ruam kulit dan iritasi yang tidak hilang, sebab hal-hal ini bisa jadi salah satu dari banyak tipe dermatritis, atau peradangan kulit.

Meskipun begitu, jika Anda melihat dan menyadari maslah kulit lainnya, sangatlah penting untuk segera mendapatkan perawatan medis untuk menyelesaikannya dengan cepat dan menghindari risiko pada kulit.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh