3 Tips Membantu Anda Mengatasi Gejala Alergi

Banyak sekali orang di dunia yang menderita alergi. Biasanya, batuk, bersin, napas terengah-engah, hidung beringus, ruam kulit, dan napas pendek adalah tanda-tanda klasik reaksi alergi terhadap polutan udara.

Meskipun terkadang alerginya akan hilang seiring Anda bertambah usia, tidak ada obat untuk sepenuhnya mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur alergi Anda jika ingin tetap bisa beraktivitas sehari-hari tanpa masalah. Selain obat-obatan yang dapat Anda konsumsi untuk meringankan alergi, terdapat juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan atau bahkan menghilangkan gejala alergi.

Inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

  1. Jaga udara tetap bersih

Jika alergen dalam ruangan yang bermasalah bagi Anda, maka pastikan rumah Anda bebas alergen agar gejala alergi dapat diatasi. Meskipun rumah Anda kemungkinan terlihat bersih, sebenarnya udara penuh dengan tungau debu, dan iritan lainnya yang terlalu kecil untuk dilihat. Alergen ini biasanya hinggap pada perabotan, karpet, boneka, dan seprai. Cucilah seprai dan sarung bantal atau guling seminggu sekali dengan air panas untuk membunuh tungau debu atau serangga mikroskopis lainnya yang dapat mengakibatkan reaksi alergi. Gunakan alat vakum dengan filter untuk mencegah alergen kembali ke udara, dan lap perabotan dengan kain atau pembersih yang didesain untuk memerangkap debu.

  1. Terapi menghindari

Cobalah untuk menghindari kontak dengan benda-benda yang menyebabkan alergi Anda. Contohnya, jika Anda alergi dengan bulu kucing, maka sebaiknya hindari kucing sebisa mungkin. Apabila Anda tidak yakin apa penyebab alergi Anda, temuilah dokter untuk diuji. Biasanya, kulit atau darah Anda akan dikirim ke lab untuk menguji substansi apa yang bisa mengakibatkan reaksi. Hal ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan tentang apa penyebab serangan alergi Anda. Tetapi, jika Anda tidak bisa menghindari alergen, gunakan filter udara di kamar Anda atau pakai masker.

  1. Konsumsi suplemen

Terdapat berbagai suplemen di pasaran yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang menderita alergi. Beberapa di antaranya dapat membantu melegakan gejala serangan alergi, sementara yang lainnya menghalangi alergen masuk ke tubuh. Untuk menemukan suplemen alergi yang tepat untuk Anda, mulailah dengan kunjungan ke dokter lalu lakukan penelitian di internet. Mengatur alergi Anda memang bisa menyulitkan, tapi pastinya sepadan dengan usahanya saat Anda bisa bernapas dengan lancar.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh